Hidup tanpa lilitan hutang dan bebas finansial semuda mungkin adalah target impian banyak generasi muda. Anak-anak muda yang baru saja menginjak dunia kerja, mulai tetrarik untuk belajar menanam investasi dan menabung. Tetapi kenyatannya, kebutuhan yang semakin meningkat jumlahnya ditambah sulitnya menahan diri untuk tidak impulsif dalam belanja, membuat kantong dan dompet lebih cepat kering. Di saat seperti inilah kehadiran seorang financial consultant diperlukan.

Rina Dewi Lina, financial consultant sekaligus menjabat sebagai Chief Operating Offiver (COO) PT Fokus Finansial menjelaskan bahwa masyarakat perlu seorang konsultan keuangan untuk membantu mereka dari masalah-masalah berbahaya di kemudian hari. Rina yang sudah berkecimpung cukup lama di dunia ansuransi, memberikan banyak advise untuk klien baik lewat pertemuan personal, program televisi hingga buku. Ansuransi keuangan dan alokasi investasi yang sesuai, harus dipesiapkan lebih awal. Lewat seminar-seminar yang ia berikan, Rina mengajak masyarakat agar lebih melek soal keuangan dan bagaimana cara mengembangkannya.

Tugas seorang financial consultant atau konsultan keuangan adalah memperjelas tujuan penggunaann uang dan jalan untuk meraihnya. Kita akan terhindar dari keputusan negatif dari penggunaan uang sia-sia dan yang paling penting adalah kita bisa terbebas dari jeratan hutang. Jika sudah terlanjur menghadapi masalah, kita bisa berkonsultasi dengan konsultan keuangan. Financial Consultant mengarahkan langkah kita untuk meraih kondisi keuangan yang sehat.

Kita tidak akan tahu bagaimana laju inflasi negara dalam jangka beberapa waktu ke depan. Untuk mempersiapkan masa depan keluarga, kesehatan dan anak-anak, kondisi finansial yang mapan dan kuat adalah salah satu kuncinya. Jangan khawatir jika anda masih merasa awam dengan segala hal yang berbau finansial. Konsultan keuangan akan membimbing perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang anda. Bukannya tidak mungkin jika anda pintar melakukan investasi yang tepat dan memiliki cadangan simpanan yang terus bertambah nilainya, pundi-pundi keuangan anda pun akan terus berlipatganda.