Aplikasi Yang Perlu Dimiliki Penulis dan Blogger




Gadget adalah benda yang lumrah dimiliki di zaman serba teknologi saat ini. Apalagi jika kamu seorang penulis atau blogger. Gadget sederhana seperti smartphone dan laptop, biasanya menjadi piranti wajib untuk membantu aktivitas menulis. Selain fungsi di dalam gadget yang sangat membantu untuk menulis, seorang pengguna gadget pasti tidak terlepas dari yang namanya aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang tepat bisa membantu aktivitas untuk menulis, lho.

Aplikasi apa saja yang bisa membantu seorang penulis dan blogger? Ini daftar beberapa aplikasi yang saya gunakan dan sangat membantu passion saya dalam membuat karya tulis sekaligus ngeblog.

1. Blog Application (Blogger dan Tumblr)
Tiap kali membeli gadget, aplikasi inilah yang saya instal pertama kali, selain aplikasi chat seperti BBM dan WhatsApp. Memang ngeblog via gadget tidak seleluasa jika menggunakan PC atau laptop, tetapi kita bisa memanfaatkan waktu luang di saat macet, menunggu antrean atau jika tiba-tiba mendapat ide ngeblog dengan segera membuat draftnya di aplikasi. 

Setelah ada waktu luang, draft kasar tadi bisa segera kita edit dan kita perbaiki. Keterbatasan aplikasi Blogger misalnya yang hanya bisa mengupload foto di bagian bawah tulisan tanpa bisa mengatur tata letak adalah salah satu kekurangan, namun saya jadi bisa segera menulis di blog jika ada ide. Urusan tata letak bisa diatur setelah pulang kerja.

2. One Note
Aplikasi ini mirip dengan Evernote. Kamu bisa mengedit tulisan, melakukan perekaman suara atau mengumpulkan artikel web menjadi satu. Aplikasi ini baru saya gunakan, namun sepertinya asyik sekali karena Evernote sudah mendapat banyak keluhan dari penggunanya. Jika melakukan project menulis duet atau karya bersama teman sekolah dan kantor, One Note bisa jadi salah satu media. One Note juga bisa disinkronisasikan dengan PC.


3. Aplikasi Edit Photo
Jika anda seorang blogger, maka aplikasi untuk mengedit foto juga termasuk penting. Saya biasanya menggunakan aplikasi Phonto dan Photogrid untuk memberi text, menggabungkan foto atau memberi efek menarik pada foto yang akan saya upload di blog. Banyak juga aplikasi foto yang bisa mempercantik foto atau image menyerupai hasil editor profesional seperti Pics Art, Pics Monkey, dan lain-lain. 

@aliissinisalu (unsplash.com)


4. Pinterest
Pinterest itu bisa jadi sumber ide buat blogger dan penulis lho. Di aplikasi ini kita bisa mendapatkan ide untuk prakarya, karir dan sebagainya. Saya biasanya memakai Pinterest untuk  mencari cara membuat artikel blog yang baik bagaimana memoles tulisan, dan banyak hal lainnya. Promosi tulisan di blog juga bisa dilakukan di media ini.

5. Canva 
Canva adalah aplikasi yang baru saya kenal, tetapi saya jatuh cinta berat dengan aplikasi ini. Canva akan membantu kita untuk membuat banner judul blog yang cantik dan membuat kutipan dari judul blog dengan desain unik. Tak hanya untuk blog, Canva bisa kita pakai untuk membuat kover ebook, flyer iklan, gambar medsos dan lain-lain. Bagi yang kurang jago Photoshop atau Corel, wajib melirik aplikasi ini. 

6. Instagram 
Kenapa bukan aplikasi Facebook atau Twitter yang saya sarankan? Karena dengan Instagram kita bisa mempromosikan artikel dengan metode visual yang lebih menarik. Unggah banner blog atau gambar di dalam blog di Instagram dan buat kutipan-kutipan menarik di Instastory. Fitur Highlight di profil akan memudahkan follower mengecek kutipan menarik dari blog. 
Link artikel bisa diletakkan di bio dan diperbaharui tiap ada artikel baru. Anda bisa membagi gambar dengan link ke Twitter, Tumblr, Facebook sekaligus. Untuk promosi buku atau karya terbaru juga bermanfaat untuk mendukung penulis.



Itulah beberapa aplikasi favorit yang saya gunakan saat menulis dan ngeblog. Anda punya referensi aplikasi lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar ya. 

(Update 21 Oktober 2018) 

12 komentar

Ariesky mengatakan...

wih makasih banyak atas infonya nih, kebetulan saya baru pemula jadi blogger :p

RiskiRingan mengatakan...

pinterest itu berat banget buat HP & paket data saya. hehehe...

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
wars writings mengatakan...

Thank infonya

Masandi Wibowo mengatakan...

Coba pake Trello mbak buat bikin draft. Bisa di sinkronisasi ke PC juga dan bisa share job.

Reffi Dhinar mengatakan...

waah,,,,nanti saya coba, makasi buat infonya :D

Tatiek Purwanti mengatakan...

Blog application dan pinterest yang belum saya praktikkan. Makasih infonya

Reffi Dhinar mengatakan...

semoga bermanfaat :D

BlogSabda.com mengatakan...

saya pengen banget install itu semua mbak, tapi sayangnya smartphone saya ga mendukung. selain ram yang rendah dan memory yang ga seberapa. Selama ini juga masih bisa dihandle pakai laptop... tapi nanti kalau udah upgrade bisa lah saya install apps tersebut, terutama blogger dan canva

Reffi Dhinar mengatakan...

sekarang saya juga udah uninstal Pinterest Mas, tinggal Canva, IG, Photogrid, dan akses blogger dari web browser. Tinggal pilih yang sesuai aja :)

nur rochma mengatakan...

Handphoneku kebanyakan app edit foto. Pengen mengurangi biar nggak bikin berat hp, tapi hatiku masih berat uninstal.

Reffi Dhinar mengatakan...

dicoba aja mbak, pilih yang dibutuhin hihi,,,kebanyakan editing foto ya kurang efisien menurut saya