6 Aktivitas Keren yang Lebih Penting dari Sekadar Kekinian [Update]

(Unsplash: @thoughtcatalog)

Siap sih yang tidak mau disebut sebagai sosok kekinian dan juga maju? Saat ini frasa kekinian seolah menjadi hal baru yang digunakan banyak pengguna medsos untuk menunjukkan jika diri mereka tidak ketinggalan zaman atau bahasa lainnya out of date. Dalam artikel ini akan dibahas 6 aktivitas keren yang lebih penting dari sekadar kekinian.

Banyak sekali hal yang dilakukan supaya label kekinian bisa menempel di diri, seperti posting OOTD (Outfit Of The Day) di Instagram, posting soal makanan hits di daerah sekitar, atau minimal ikut meramaikan status atau topik yang lagi panas diperbincangkan. Padahal selain kekinian, ada hal lain yang perlu dijaga yaitu bersikap serta berpikir cerdas.

Coba saja jika Anda tidak menjaga cara menulis status secara cerdas atau asal share, pasti akan malah dapat tanggapan kurang menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan supaya bisa mengasah kecerdasan tanpa hanya melulu mengejar standar kekinian.

Membaca Buku Berkualitas
Selain membaca novel-novel bestseller, mulai deh luangkan waktu untuk membaca buku nonfiksi yang berkualitas. Bisa tentang motivasi, self-help, biografi atau misalnya tentang hobi. Jika novel bisa mengasah imajinasi dan perasaan kita, buku nonfiksi yang berkualitas bisa mempertajam pengetahuan di bidang lainnya. (Baca Juga: 9 Buku Terbaik Versi Wordholic.com)

woman sitting on bed while holding book
Baca yuk!
(Unsplash: @_thedl)

Orang yang luas wawasannya pasti asyik diajak ngobrol tentang apa saja. Anda juga bisa membaca artikel-artikel bermanfaat di internet atau via aplikasi semacam Pinterest. Misalnya kalau sering baca soal life-hack, bisa jadi pengetahuan itu dapat digunakan sewaktu teman membutuhkan bantuan. Dengan wawasan, orang lain pun tak hanya menganggap kita cerdas tapi juga kreatif.

Playing Music
Menurut penelitian para ahli, bermain musik sejak kecil dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanan terutama instrumen musik klasik. Nah, Anda bisa juga belajar memainkan alat musik, tidak harus musik klasik jika memang tertarik dengan alat musik tertentu. Bermain musik bisa menstabilkan mood dan juga mengasah kreativitas. Siapa tahu Anda dapat menciptakan lagu dengan kemampuan bermain musik. (Baca Juga: Berbahagia dengan Seni Shodo)


woman near beige painted building
Let's travel!
(Unsplash: @photoripey)

Traveling
Apa hubungannya antara traveling dengan meningkatkan kecerdasan? Kalau aktivitas membaca dan juga bermain musik bisa meningkatkan kecerdasan otak, traveling mampu mengasah sisi kecerdasan yang lain. Manusia dibagi dalam banyak tipe kecerdasan, dan di dalamnya ada tipe kecerdasan dalam bersosialisasi dan kecerdasan naturalis atau tentang alam. (Baca Juga: 4 Tempat Berkesan di Yogyakarta)

Saat traveling, Anda akan belajar mencintai serta menjaga alam yang kita singgahi. Belajar bersosialisasi dengan penduduk sekitar  adalah pengalaman yang mengasah sisi emosimu supaya lebih toleran dengan perbedaan. Traveling juga dapat mendorongmu untuk belajar hal baru contohnya fotografi. Bagaimana menangkap objek yang bagus dan juga cara menggunakan kamera xiaomi yi serta hal baru lainnya, bisa menjadi motivasimu untuk lebih banyak lagi mengasah kemampuan fotografi.


brown pencil on white book beside black eyeglasses
Menulis untuk kebermanfaatan
(Unsplash: @dariuszsankowski)
Menulis
Menulis membantu kita  meluapkan ide, mengeluarkan emosi negatif serta mempertajam ingatan. Buat Anda yang pelupa, maka mencatat jadwal keseharian dengan menulis di jurnal atau gawai, akan meminimalisir penyakit lupa. Sering menulis juga membuat kita menghasilkan karya asal mau latihan tiap hari. Pasti mau kan kalau suatu hari  dikenal sebagai penulis keren oleh teman-teman dan keluarga?

silhouette photography of woman doing yoga
Stay Fresh
(Unsplash: @kikekiks)

Berolahraga
Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Dengan rajin olahraga, selain menghindarkan diri dari penyakit, wajah juga bisa lebih fresh serta awet muda. Percuma dong kalau otak cerdas tapi tubuhnya sakit-sakitan. Berolahraga juga menjadi salah satu stimulus agar emosi kita lebih stabil dan meredakan emosi negatif.


Mengikuti Workshop atau Seminar Soft Skill
Ini sangat penting apalagi jika kita ingin mengasah keterampilan yang penting untuk karir dan passion. Soft skill ini bisa berupa menemukan cara pengaturan tugas yang baik (managing task), leadership, menemukan potensi di dalam diri, membangun teamwork yang baik dll. Saya sendiri merasakan manfaat besar dari melakukan


Itulah beberapa aktivitas  keren yang lebih penting dari sekadar kekinian dan bisa meningkatkan kecerdasan dan juga kemampuan yang lain. Yuk jangan hanya mengejar status keren tetapi tidak memperhatikan aspek penting seperti peningkatan kualitas pribadi kita. Stay hunger and stay foolish to learn everything new, but keep humble!

5 Comments

  1. Sangat setuju mbak. Kekinian bukan sekadar hore2 dengan sesuatu yang lagi tren ya. Tapi berpikir lagi akan kebermanfaatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, jangan sampai kita kebawa kekinian tapi hanya semu

      Delete
  2. Saya paling suka menulis....
    Karena maen musik nggak bisa, bisanya cuma nyanyi dengan suara cemprengšŸ˜‚
    Olahraga juga jarang banget semenjak lulus sekolah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk olahraga lagi mbak, biar makin fresh :)

      Delete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^