4 Cara Asyik Mempopulerkan Blog

4 Cara Asyik Mempopulerkan Blog


Blog adalah sarana untuk latihan menulis. Setelah blog berhasil dibuat, kini saatnya mulai memposting tulisan dan juga mempopulerkan blog kita sendiri. Mungkin pada awalnya kita akan merasa malu atau tidak memiliki kepercayaan diri untuk menyebarkan tulisan, tetapi kembali lagi pada tujuan nge-blog ya. (Baca Juga: Blogger Profesi Keren Sepanjang Masa)

Blog dibuat agar orang lain bisa meninggalkan komentar di tulisan kita. Dan agar orang lain tahu apa isi tulisan kita, tentunya kita harus memperkenalkan blog kita, ibaratnya jika ingin ada pembeli yang membeli dagangan, tentunya kita harus rajin berpromosi.

Berikut ini beberapa tips untuk mempopulerkan blog yang sangat mudah dilakukan blogger pemula.

Maksimalkan Media Sosial

·         Optimalkan penggunaan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Promosikan link tulisan di timeline Anda. Beri caption cuplikan isi tulisan kita agar orang tertarik untuk mengklik dan membacanya. Media sosial masih menjadi media favorit untuk membangun personal branding, jadi jika ingin dikenal sebagai blogger maka mulai rajinlah mengunggah tulisan dan membagi link di medsos.

               Menulis Sesuai Minat

·         Menulislah sesuai dengan minat dan keahlian. Jika Anda memiliki minat di bidang psikologi, maka isilah postingan blog dengan artikel-artikel yang berkaitan dengan wawasan Anda di bidang psikologi. Sudah banyak blog-blog khusus yang membahas satu bahasan tema misal serba-serbi gawai, hubungan pernikahan dan lain-lain. 


4 Cara Asyik Cara Mempopulerkan Blog
Photo by rawpixel.com from Pexels


       Biasanya blog dengan satu tema (niche) yang berkaitan, akan lebih cepat menarik membaca dan follower. Namun jika memang Anda ingin menggunakan blog sebagai curahan isi hati dan mengisinya dengan beragam tema, hal itu juga diperbolehkan. Kemas semenarik mungkin isi curhatan dan jangan menyinggung nama tertentu atau berbau SARA. Promosikan artikel blog di komunitas blogger yang banyak beredar di dunia maya seperti Warung Blogger, Blogger Indonesia dan masih banyak lagi.


           Meningkatkan Popularitas dari Kontes dan Blogwalking

·         Sering-seringlah mengikuti kompetisi blog dari yang berupa giveaway hingga kontes berhadiah besar. Rajin mengikuti kompetisi dan kontes blog itu bisa membuat blog kita lebih sering dikunjungi. Buatlah postingan semaksimal mungkin, meski kalah pun akan menjadi nilai plus untuk branding blog.  (Baca Juga: Tips Memancing Ide Menulis)


4 Cara Asyik Cara Mempopulerkan Blog
Photo by rawpixel.com from Pexels

·         Rajin melakukan blogwalking atau mengunjungi blog lain. Tinggalkan komentar dan juga sisipkan link kita agar dikunjungi kembali. Tetapi jangan hanya meminta kunjungan tanpa memberikan komentar yang sesuai. Berkunjunglah secara sopan dan tidak meninggalkan komentar yang menyinggung.


        Menulis Artikel dengan Tema Aktual

·         Buatlah artikel blog dengan tema yang aktual. Misalnya, membuat tulisan opini kita terhadap pemilu presiden dan lain-lain. Tetapi yang paling penting adalah konsisten menulis tema yang disukai atau dikuasai.

·         Posting tulisan secara rutin, minima  dua atau tiga artikel dalam seminggu untuk blogger pemula. Seiring berjalannya waktu tingkatkan kuantitas dan kualitas tulisan kita tentunya.  Gunakan bahasa yang kita sukai. Raditya Dika adalah blogger yang sukses dengan gaya bahasa kocaknya, namun jangan berusaha meniru Raditya Dika jika kita tidak nyaman menggunakan bahasa kocak. Jadilah diri sendiri!


Inilah beberapa tips ringan untuk mempopulerkan artikel di blog pribadi kita. Jangan takut dengan kritik! Mari terus berkarya! Nah bagi yang ingin belajar lebih lanjut tentang content writing di dalam blog, yuk join weekend class di Surabaya ini.



Kelas dilaksanakan oleh blogger, penulis 9 buku dan content writer profesional yang punya blog ini hohoho. Kepo soal free workshop yang sudah dilaksanakan? Kamu bisa intip akun IG @wordholic_class sambil intip akun IG @Reffi_dhinar 👩

3 Comments

  1. Wah saya juga sering pakai medsos buat promosikan blog biar banyak yang berkunjung.

    ReplyDelete
  2. yess, jangan malu untuk promosi blog, rajin BW juga

    ReplyDelete
  3. Saya baru sampai di poin kedua, menulis sesuai minat. Tiga lainnya belum begitu maksimal sih

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^