Waspadalah! Memiliki Ciri-ciri Ini Berarti Anda Mengidap Gejala OCD!

OCD


Pernah mendengar istilah Obsesive Compulsive Disorder (OCD)? Ini bukan nama diet ala Deddy Corbuzier, OCD di sini adalah salah istilah gangguan kejiwaan yang biasanya terjadi tanpa disadari penderitanya. Barangkali Anda juga memilikinya namun masih dalam tahapan yang wajar. Jika berlebihan hingga parah gangguannya, pasti akan mengganggu  hidup si penderita.

Deteksi OCD bisa dilihat dari kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Penderita OCD cenderung memiliki ketakutan tertentu atau mengulang-ulang kegiatan tertentu untuk mengusir ketegangan di hati dan pikirannya. Berikut ini ciri-ciri yang biasa terjadi pada penderita OCD.

1.       Fobia kuman

Pada tingkatan ringan biasanya seseorang yang cinta kebersihan akan rajin membersihkan barang yang telah dipakai dan kalau menjadi semakin parah, maka perilaku mencuci tangan di kamar mandi atau wastafel akan  lebih sering dilakukan. Orang yang menderita OCD akan sangat takut dengan kuman. 

Di kepalanya, ketakutan itu berkembang begitu besar seolah sedikit kuman masuk akan menimbulkan kematian. Jika Anda atau orang yang Anda kenal hobi mencuci tangan berlebihan, terlalu takut dengan kuman bahkan membersihkan semua barang yang dipegang orang lain, bisa jadi sudah mengidap OCD.

menata barang harus rapi dan lurus
@sadswim (Unsplash)

2.       Penyuka kerapian dan sudut simetris

Berbeda dengan sifat perfeksionis, penderita OCD akan memiliki kesukaan berlebihan pada hal-hal yang berbau kerapian. Jika ada barang berantakan lalu dirapikan itu masih wajar. Berbeda halnya jika aktivitas tersebut diakukan berulangkali hanya karena sedikit pergeseran atau perubahan. 

Berkali-kali menata buku, membongkarnya lagi lalu menata ulang lagi adalah salah satu ciri OCD yang sering ditemukan. Selain itu, penderita OCD akan berusaha meluruskan barang yang ia tata, tidak boleh meleset sedikit pun. Sepatu yang ditata di rak harus sejajar dan tidak boleh miring contohnya.

3.       Sulit mengontrol pikiran negatif

Pernah tidak waktu naik pesawat Anda berpikir yang tidak-tidak tentang pesawat jatuh atau mungkin malah sesak napas karena membayangkan pesawat meledak di tengah perjalanan? Pada penderita OCD, pikiran negatif akan sulit diusir dan akan menguasai otak sampai mungkin impuls yang dikirim sangat berlebihan, seolah kita akan tewas. 

Atau hanya karena anak Anda tidak mencuci tangan sebelum makan, bisa jadi Anda berpikir jika Anak  akan meninggal. Pikiran tentang kejadian buruk seperti kecelakaan, meninggal, takut kehilangan seseorang adalah beberapa hal negatif yang bisa mengganggu produktivitas Anda.


Suka menimbun barang tak penting
@poncho_nj (Unsplash)

4.       Hobi menimbun barang bekas atau tua

Punya hobi mengoleksi barang seperti buku atau sepatu? Hobi mengoleksi bukan termasuk ciri-ciri penderita OCD, beda lagi ceritanya jika Anda suka menyimpan barang-barang tua dan bekas yang sudah rusak dan tidak dipakai lagi. Rasanya sangat sayang jika mau membuang. Hati-hati, jika Anda punya kecenderungan seperti ini, bisa jadi itu gejala OCD.



OCD harus segera diobati karena jelas sekali bisa menurunkan kualitas hidup kita. Jangan malu untuk berkunjung pada ahlinya supaya Anda bisa mendapat terapi yang tepat dan pikiran jadi lebih tenang tanpa siksaan pikiran dan kekhawatiran yang berlebihan.


2 Comments

  1. wah baru tahu ternyata gejala gangguan kejiwaan macam ini. saya termasuk orang yang gak suka kalo kotor tapi gak sampe seperfect itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suka bersihan itu wajar mbak, yang gejala OCD misal mau pakai bolpoin orang lain dilap dulu, bersihin kamar mandi kaya orang sakau tiap hari 😂

      Delete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^