5 Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membuat Studio Rekaman Sendiri



Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi serta internet yang semakin canggih, banyak tren baru yang bermunculan di dunia maya. Salah satunya adalah tren mengover lagu dan video musik melalui YouTube dan situs berbagi video yang lainnya. Tak hanya untuk menggaet banyak subscribers, kover lagu juga bisa menjadi salah satu pijakan awal kamu untuk bisa jadi penyanyi komersil lho!

Apabila kamu tertarik untuk menekuni hobi menyanyi, tak ada salahnya untuk membagikan talentamu melalui kover lagu yang diunggah di platform video streaming. Nah, untuk menunjang karir bermusikmu, suara merdu saja tak cukup untuk memikat hati netizen, dibutuhkan mutu rekaman yang juga oke. Oleh karena itu, merekam suara di studio rekaman bisa jadi solusi untuk meningkatkan kualitas agar semakin unggul.

Tidak sedikit yang masih pergi ke studio rekaman profesional hingga terpaksa harus merogoh kocek agak dalam untuk tiap kali rekaman. Padahal, kamu juga bisa membangun studio rekaman sendiri agar bisa menekan biaya. Ya, banyak yang mengira jika membuat studio rekaman membutuhkan budget yang mahal. Sebenarnya  kamu bisa membangun studio rekaman sendiri dengan mengandalkan alat-alat sederhana berikut ini, lho!


1.    Komputer atau Laptop

studio rekaman

Peralatan tempur pertama yang wajib kamu punya adalah komputer atau laptop dengan spek yang memadai. Komputer dibutuhkan untuk menerima suara atau musik yang kita rekam. Selain itu, komputer juga digunakan pada saat tahap mixing dan mastering oleh software perekaman. Nah, untuk melakukan kinerja tersebut, kecepatan prosesor dan kapasitas memori komputer perlu yang memadai, agar tidak sering ngadat selama proses rekaman berlangsung.

 

2.    Digital Audio Workspace

wordholic.com

Jika kamu penasaran mengenai software apa yang digunakan selama proses rekaman, jawabannya adalah Digital Audio Workspace atau yang disingkat DAW. DAW ini sangat andal untuk merekam, mengedit, mixing, dan mastering beberapa track yang direkam menjadi satu lagu yang utuh dan siap diperdengarkan kepada khalayak.

 

3.    Audio Interface

wordholic.com

Audio Interface merujuk pada beberapa alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan alat-alat musik dan mikrofon. Prinsip kerja Audio Interface ini mirip dengan sound card, namun dengan kualitas suara yang diproduksi menjadi lebih dahsyat dibandingkan dengan sound card onboard bawaan dari komputer. Perangkat ini dapat berupa kabel konektor, sound card, amplifier, dan lain sebagainya.

 

4.    Mikrofon

wordholic.com

Mikrofon juga termasuk alat utama yang digunakan untuk sebuah rekaman. Alat ini berfungsi untuk merekam sinyal audio baik berupa vokal maupun suara yang dihasilkan alat musik, atau apapun yang menjadi sumber suara.

 

5.    Studio monitor atau speaker

wordholic.com

Studio monitor adalah jenis speaker yang berfungsi untuk mendengarkan hasil mixing dan editing sebelum akhirnya dibuat master. Alat ini menghasilkan suara dengan respon frekuensi yang flat. Artinya, hasil rekaman yang terdengar sama persis dengan suara digital yang tersimpan.


Itulah beberapa perangkat sederhana yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun studio rekaman di rumah sendiri. Tak perlu ribet pergi ke studio rekaman lain, kamu bisa hasilkan rekaman bermutu tinggi di rumah. Nah, jika kamu sedang mencari peralatan studio musik murah, platform Indotrading.com bisa kamu andalkan.


Post a comment

0 Comments