5 Trik Menulis Judul Artikel yang Menarik bagi Pembaca


5 Trik Menulis Judul Artikel yang Menarik bagi Pembaca


Saat mencari artikel di Google, pembaca seringkali tertuju kepada artikel dengan judul yang menarik, lantas ia memiliki dorongan untuk menekan artikel tersebut dan membacanya. Dari sini kita semua berpendapat kalau judul yang bagus akan mempunyai daya tarik tersendiri untuk para pembaca. Makanya kita perlu belajar trik menulis judul artikel menarik.

Bagi kebanyakan penulis, menulis judul memang dibutuhkan kreativitas dan konsentrasi yang tinggi. Bahkan, tidak jarang para penulis justru menghabiskan waktu yang cukup banyak hanya untuk menuliskan judul saja. Pasalnya, judul artikel memang tidak boleh dibuat sembarangan. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini ada tips yang bisa kamu praktikkan untuk menulis judul artikel yang menarik bagi pembaca. Penasaran? Yuk, simak bersama-sama!


1# Mulai buat draft judul terlebih dahulu

Tips pertama dalam menulis judul yang menarik adalah membuat draft judul. Sebelum kamu menulis isi artikel, ada baiknya untuk membuat dua atau lebih opsi judul untuk artikel tersebut.

Biasanya, semakin banyak membuat draft judul, maka semakin menarik judul-judul yang akan dibuat. Jadi, saat nanti artikel sudah selesai ditulis, kamu tidak perlu repot lagi memikirkannya.

(Baca Juga: Cara Menjadi Writerpeneur)


2# Tambahkan angka di depan judul

Saat membuka Google, pasti kamu seringkali menemukan artikel dengan judul yang di depannya disertakan angka. Sebagai contoh, “7 Cara Menanam Wortel dengan Baik di Depan Rumah” atau “5 Kiat Menulis Ampuh supaya Menarik Perhatian Pembaca”.

Nah, pada hakikatnya angka tersebut akan memberikan daya tarik yang luar biasa bagi para pembaca. Pembaca jadi bisa memperkirakan isi dari artikel. Misalnya jika ia ingin mencari cara membangun personal branding sebagai seorang penulis dan ada lima tahapan, sudah terbentuk gambaran di dalam kepala pembaca. (Baca Juga: Tips Melawan Writer's Block)


5 Trik Menulis Judul Artikel yang Menarik bagi Pembaca


3# Buat judul sesingkat mungkin, jangan terlalu panjang

Memang, membuat judul artikel itu terbilang cukup susah. Kamu harus pandai dalam merangkum semua bahasan yang sudah dituangkan di artikel tersebut. Judul yang singkat bukan berarti hanya terbatas satu dan dua kata saja. Kamu lihat contoh artikel di blog ini? Contohnya semacam ini. Bisa 7 sampai 8 kata dengan suku kata yang tidak panjang.

Usahakan judul yang kamu buat tidak lebih dari 70 karakter. Tuangkan poin yang sekiranya menarik di dalam judul agar menarik minat para pembaca. Ingat jangan membuat judul yang sifatnya click bait. Hanya demi mengejar klik di dalam artikel, kamu sampai lupa dengan kualitas konten. Fokus pada manfaat yang bisa kamu tuangkan di dalam artikel ya!


4# Sesuaikan tone bahasa dengan voice of brand

Jika kamu ingin menjadi seorang content writer yang profesional, belajarlah untuk bisa menulis dalam berbagai tone bahasa dan belajar memahami brand.

Menulis di blog sendiri pasti berbeda dengan menulis di website klien atau sebuah perusahaan. Tiap perusahaan pasti punya voice of brand atau gaya bahasa branding masing-masing. Nah, dalam membuat judul artikel, pastikan bahasa yang dipakai sesuai dengan standar perusahaan.

Hal tersebut dilakukan untuk semakin menarik perhatian para pembaca. Di sisi lain, pahami juga target pembaca kamu. Jika target pembacanya di usia 20-an, tidak ada salahnya buat judul artikel yang luwes agar tidak terkesan kaku. (Baca Juga: Tips Personal Branding Content Writer)


5 Trik Menulis Judul Artikel yang Menarik bagi Pembaca

5# Diskusi atau brainstorming ide dengan orang lain

Jika kamu tergabung ke dalam sebuah perusahaan dan masuk di divisi editorial sebagai content writer, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan judul yang sudah kamu buat kepada rekan kerjamu. Hal ini akan membantumu untuk menemukan sudut pandang lain tentang pembuatan judul

Akan tetapi, jika kamu seorang independent writer, mungkin kamu bisa brainstorming dengan rekan satu komunitas blogger dan penulis. Obyektivitas menjadi lebih terjaga. Sesekali kita butuh penilaian dari orang lain untuk mengetahui apakah judul artikel sudah bagus atau belum.


Nah, itu dia 5 trik dalam menulis judul artikel supaya menarik perhatian para pembaca. Ingat, judul artikel harus dibuat semenarik mungkin. Sebab, kebanyakan pembaca pasti melihat judulnya terlebih dahulu sebelum lanjut membaca artikel sampai selesai.


4 komentar

BlogSabda.com mengatakan...

Terimakasih tipsnya mbak, sepertinya saya harus lebih banyak bermain dengan "angka" ketika membuat judul. Terus terang saya sendiri juga lebih tertarik dengan judul yang didalamnya ada angka ketika melakukan pencarian di google

BlogSabda.com mengatakan...

Terimakasih tipsnya mbak, sepertinya saya harus lebih banyak bermain dengan "angka" ketika membuat judul. Terus terang saya sendiri juga lebih tertarik dengan judul yang didalamnya ada angka ketika melakukan pencarian di google

fanny_dcatqueen mengatakan...

Bener sih, bikin judul itu ga gampaaaaaang :D . Aku sendiri ya, kadang kalo udah nyerah, ya udahlah yaaa, singkat padat tapi tepat aja 🤣. Pokoknya ga click bait. Jadi ingeeet Ama blogger almarhum mas cumilebay, kalo bikin judul, pasti eyecatching dan bikin tertarik baca 😊. Tapi mau ngikutin style dia, ya ga bisa juga, karena beda gaya penulisan. Next aku bakal bikin draft judul juga deh, sebelum publish tulisan :)

Reffi Dhinar mengatakan...

Teman-teman semoga bermanfaat yaa semangat selalu :)