6 Tips yang Harus Dilakukan agar Semakin Produktif dari Hari ke Hari

 

 

tips hidup produktif


Siapa yang tidak ingin hidup produktif dari hari ke hari? Produktivitas  yang dipadukan dengan kreativitas yang tinggi mampu membuat orang lain terkesima melihat karya-karya yang dimiliki. Tips yang harus dilakukan agar semakin produktif ini bisa kamu coba. 

 

Pentingnya produktivitas

Produktivitas bisa dibilang menjadi salah satu kunci yang harus kamu amankan untuk bisa menggapai kesuksesanmu di masa depan. Jika kamu terus bermalas-malasan di hari ini, bisa jadi penyesalan yang akan kamu tanam di kemudian hari.

(Baca Juga: Tips Melawan Writer's Block

Kendati demikian, terkadang produktivitas memang susah untuk dilakukan. Dari hari ke hari, selalu saja ada perasaan tidak cukup waktu untuk mengerjakan semua tugas atau pekerjaan. 

 

tips hidup produktif


Manajemen waktu yang kurang baik jadi salah satu faktor kenapa kita tidak bisa menggapai produktivitas yang diinginkan. Nah, supaya kita bisa tetap produktif dan mengatur waktu dengan baik setiap harinya, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan langsung. Simak baik-baik, ya!


Tips agar makin produktif

 Berikut ini beberapa tips agar kamu bisa hidup lebih produktif. 

 

1# Biasakan bangun pagi hari

Tips atau cara pertama untuk mengembangkan diri agar lebih produktif dari hari ke hari adalah bangun pagi. Apabila saat ini kamu seringkali tidur pagi, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Sebab, tidur pagi berpotensi mengurangi produktivitasmu untuk menjalani hari.

Mulai biasakan bangun pagi. Setelah itu, jalani aktivitas agar tidak tidur lagi, misalnya olahraga, mandi, sarapan, dan lain-lain. (Baca Juga: Tips Menulis Konten Marketing)

 

2# Buat to-do list

Supaya manajemen waktumu juga tertata dengan rapi, sebaiknya buat to-do list atau aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan dalam satu hari beserta waktunya. Misalnya, di jam 8 pagi kamu harus membuka dan membalas email-email penting mengenai pekerjaan. 

Setelah itu, jam 9-5 sore kamu bekerja. Kemudian, pada malam harinya kamu ingin membaca buku atau mendengarkan lagu.

Membuat to-do list akan memudahkanmu mengatur waktu dengan baik. Bahkan, to-do list juga bisa kamu buat secara spesifik saat jam kerja.



         3# Istirahat secukupnya

Produktif bukan berarti kamu terus-terusan bekerja dari pagi sampai malam tanpa ada istirahat. Jika yang terjadi seperti itu, bisa dipastikan badan kamu akan drop dan timbul penyakit. 

Pastikan kamu juga mengatur jadwal istirahat yang rapi. Manfaatkan waktu istirahat kerja dengan baik. Kemudian, atur pola tidur dengan baik. Jangan keseringan begadang karena itu tidak baik untuk kesehatan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Hambatan Menulis Buku)



       4# Atur dekorasi estetik untuk ruangan kerja

Percaya atau tidak, dekorasi ruang kerja yang estetik atau menarik akan membantumu untuk meningkatkan produktivitas. Terlebih, jika saat ini kamu sedang menjalani work from home atau WFH. 

Tambahkan sedikit dekorasi menarik di sekitar ruangan kerjamu. Misalnya, menaruh tanaman hijau di pojok meja atau mengecat dinding ruangan dengan warna kesukaanmu.

Dekorasi-dekorasi kecil yang kamu buat akan berdampak besar terhadap produktivitas kerjamu.



       5# Cari waktu untuk refreshing

Saat mengalami jenuh, sebaiknya kamu menjauh dari hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Segera cari waktu untuk melakukan refreshing, entah itu berlibur atau hanya sekadar menonton film di kamar. (Baca Juga: Tips Law of Attraction)

Lakukan hobimu dengan baik mungkin untuk membantu menyegarkan otak yang sudah lelah akibat pekerjaan. Dengan begitu, saat sudah puas melakukan refreshing, otak kembali segar dan bersiap untuk menuangkan kreativitas sedemikian rupa.

Sebagai seorang penulis dan bloger, pasti ada masanya jenuh terhadap aktivitas walaupun saya menyebutnya sebagai passion. Jika sudah menjadikan hobi menjadi pekerjaan, milikilah hobi lain yang tidak perlu dijadikan penghasilan misalnya nonton drakor.



            6#Tentukan prioritas

Mungkin, kamu punya segudang pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari. Nah, supaya tidak kewalahan, kamu harus menentukan skala prioritas dari pekerjaanmu tersebut. Selesaikan terlebih dahulu mana yang dirasa sangat penting.

 Skala prioritas yang bisa kamu terapkan bisa di level ringan, sedang atau tinggi. Dengan demikian, kamu jadi tahu mana yang harus dikerjakan dulu sehingga membuatmu pandai dalam mengatur waktu.



Nah, itu dia enam tips yang bisa kamu praktikkan supaya tetap produktif dari hari ke hari. Selain enam tips di atas, kamu juga perlu menghilangkan kebiasaan buruk di dalam diri agar semakin produktif lagi.

 

1 komentar

fanny_dcatqueen mengatakan...

Membuat to do list buatku sangat membantu sih . Jadi setidaknya ada pegangan apa yg hrs dikerjakan duluan di hari itu. Pernah tuh aku ngerjain segala kerjaan tanpa ada to do list. Hasilnya berantakan. Yg prioritas malah belum selesai, dan jadi bingung sendiri.