7 Tips untuk Menghilangkan Rasa Malas, Yuk Bisa Produktif!

7 Tips untuk Menghilangkan Rasa Malas, Yuk Bisa Produktif!

Merasa malas adalah hal yang wajar, tapi sebaiknya jangan biarkan hal yang satu ini mengganggu pekerjaanmu sehari-hari. Banyak tips menghilangkan rasa malas yang ditulis, tetapi kamu juga perlu tahu akar masalahnya agar bisa lebih mudah menanggulangi rasa malas.

Malas terus-menerus tidak bisa dianggap remeh. Hal yang satu ini bisa membuat keseharianmu menjadi tak produktif dan menurunkan fokus. Ketika kita malas terus, kita juga akan kehabisan cara untuk menjadi orang sukses. Malas menjadi racun dalam produktivitas. Berhati-hatilah jika sampai melakukan berlebihan.

Rasa malas tak hanya berpengaruh pada kinerja, tapi juga pada berbagai aspek kehidupanmu, termasuk saat menikmati hobi.


Penyebab munculnya rasa malas

Sebelum mengenali apa saja yang bisa kita coba agar rasa malas bisa dikurangi, kita harus mengenali sumber utamanya:

  • Ingin menghindari ketidaknyamanan

Untuk menjadi seseorang yang produktif, tentu kamu harus melakukan kebiasaan yang berkebalikan. Jika ingin langsing, kamu harus rajin olahraga dan mengawasi asupan kalori. Kalau ingin menulis buku, kamu harus rela menyisihkan waktu untuk riset dan menulis ratusan kata per hari.

Mudah sekali menyatakan impian, tetapi kita tidak mau merasakan tidak nyamannya. Malas itu terjadi karena kita takut tidak bisa menjalankan rencana atau keluar dari zona nyaman.

  • Meremehkan kebiasaan kecil

Kebiasaan baik itu dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang mungkin sering kita abaikan. Boleh saja memasang target tinggi, tetapi cobalah untuk membedahnya menjadi bagian kecil.

Seseorang yang ingin mengurangi berat badan, langsung menargetkan turun belasan kilo dalam 1 bulan, lalu tidak mengurangi camilan gorengan dengan alasan, "Hanya satu potong nih tiap harinya." Padahal satu potong itu terakumulasi terus sehingga sulit lemak tubuh diturunkan.


  • Berada di lingkungan yang kurang mendukung

Lingkungan juga berpengaruh terhadap rasa malas. Kalau kamu berkecimpung di orang-orang yang tidak punya impian tinggi, pesimistis, dan lebih suka melakukan kegiatan kurang produktif, wajar saja jika kamu jadi malas.

Setelah mengecek ke diri sendiri, coba kamu analisis, apakah lingkunganmu sudah positif dan mendukung impianmu? (Baca Juga: Agar Tidak Menjadi Perempuan Baperan)




Tips menghilangkan rasa malas


Berikut adalah tips menghilangkan rasa malas yang bisa kamu terapkan.

1# Mencari Tahu Penyebabnya

Salah satu tips menghilangkan rasa malas adalah dengan mencari tahu penyebab rasa malas tersebut timbul.

Berilah diri sendiri waktu untuk melakukan introspeksi. Dengan cara itu, kamu dapat mengetahui faktor pemicu rasa malas. 

Mungkin saja kamu merasa lelah dengan rutinitas, atau sedang mengkhawatirkan hal tertentu, alasan-alasan ini bisa saja menjadi dalang di balik rendahnya motivasimu untuk beraktivitas.

Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, barulah kita dapat mencari solusinya.


2# Buat Jadwal

Tuliskan tugas apa saja yang ingin kamu kerjakan dalam satu hari.

Tips mengatasi rasa malas yang satu ini akan mendorongmu lebih disiplin. Jadwal yang dituliskan secara lengkap dengan deadline dan skala prioritasnya dapat menghemat waktu agar kamu tak bingung mengingat semua pekerjaan.


3# Mulailah dari Pekerjaan yang Mudah

Setelah kamu menuliskan jadwal harian, kamu bisa memulai mengerjakannya dari tugas yang kamu rasa lebih mudah.

Mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang lebih mudah ini akan memberikanmu rasa puas dan motivasi lebih untuk mengerjakan tugas yang lebih sulit.

Tugas-tugas sulit pastilah memeras pikiran dan menghabiskan waktu yang lebih lama. Dengan menyelesaikan yang mudah lebih dulu, mood bekerjamu akan lebih konsisten dan kamu juga bisa lebih siap mengerjakan tugas-tugas sulit.


4# Perbanyak Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab rasa malas adalah kurangnya kemampuan untuk tetap fokus. Biasanya hal ini terjadi kalau kita kurang gerak atau melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

Aktivitas fisik seperti olahraga ringan bisa menghilangkan stres, meningkatkan konsentrasi dan menaikkan mood. Hal ini dapat membantumu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan tidak mudah merasa malas. (Baca Juga: Cara Menjadi Orang Sukses)


5# Mencari Suasana Baru

Tak jarang kita merasa malas karena sudah bosan melakukan sesuatu. Jika kamu pernah mengalami rasa bosan seperti ini, sebenarnya adalah hal yang wajar.

Tips menghilangkan rasa malas yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari suasana baru untuk bekerja. Suasana baru dapat membuat mood bekerja lebih konsisten dan perasaan pun jadi lebih gembira

Di masa pandemi seperti sekarang, banyak orang yang harus bekerja dari rumah. Jika kamu merasa bosan, mungkin kamu bisa mulai mencoba bekerja di ruang-ruang publik.

Ada banyak pilihan tempat yang biasa dipakai untuk bekerja. Misalnya perpustakaan, kafe, atau co-working space

Jika kamu ingin tetap bekerja di rumah, mungkin kamu bisa mengubah tatanan kamar atau ruang kerjamu, juga menata ulang meja kerjamu.


6# Berikan Apresiasi Atas Pencapaian Diri Sendiri

Mengapresiasi diri sendiri atau memberikan self-reward bertujuan untuk memotivasi diri.

Ketika sedang bermalas-malasan, kamu dapat mengingat reward yang akan kamu dapatkan di akhir pekerjaan dan bisa kembali fokus.

Contoh self-reward yang dapat kamu berikan misalnya dengan staycation setelah menyelesaikan pekerjaan besar, mentraktir dirimu makan di restoran favorit, atau membeli sesuatu yang berhubungan dengan hobimu.


7# Istirahat yang Cukup

Tips menghilangkan rasa malas yang terakhir adalah dengan istirahat yang cukup.

Waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas akan membuat kita merasa lelah dan sulit fokus bahkan sejak pagi hari. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan produktivitas kita dalam bekerja.

Berikan dirimu waktu yang cukup untuk beristirahat, agar dapat menjalani keesokan harinya dengan lebih semangat.


Itulah 7 tips menghilangkan rasa malas yang bisa kamu coba. Terapkanlah perlahan-lahan agar kamu bisa menjadi lebih termotivasi dan produktif setiap harinya. Cara di atas juga bisa diaplikasikan supaya kamu bisa menjadi orang sukses ke depannya. Tetap semangat!


4 komentar

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya

Anisa AE mengatakan...

Yang sering itu udah berniat produktif, siap nulis di depan laptop dengan perlengkapan yang mendukung kegiatan menulis. Tapi, pikiran berkeliaran ke mana-mana berujung main ponsel scroll beranda ... harus dijauhkan emang nih ponsel.

Ainun mengatakan...

2022 niat ke diri sendiri jangan malas, jangan malas
sebenernya dari dulu udah nanemin ke diri sendiri, kalau terlalu banyak rebahan kudu bangkit lagi, ada banyak hal lain yang bisa dikerjakan dan atau mungkin waktunya bisa digunakan buat cari cuan kan

Reffi Dhinar mengatakan...

@Mbak Tira: Sama-sama
@Anisa: Ponsel dan medsos memang bisa consume waktu banyak hihi
@Ainun: Ubah pelan-pelan, dari satu kebiasaan dulu, Mbak :D