7 Tips Bangun Pagi Agar Hidupmu Lebih Berkualitas!

tips bangun pagi



Sudah ada banyak penelitian yang memaparkan bagaimana bangun pagi memiliki banyak manfaat. Makanya ada banyak artikel yang membahas tips bangun pagi untuk memperbaiki kualitas produktivitas hidup. 

Bahkan dari lagu anak-anak pun kita belajar untuk bangun lebih awal agar dapat mengerjakan pekerjaan lebih awal dan membantu pekerjaan rumah.

Manfaat bangun pagi

Manfaat bangun pagi antara lain adalah mampu membuat kita berkonsentrasi dengan baik, membuat kita lebih berenergi, serta meningkatkan kualitas tidur kedepannya. Bahkan, bangun pagi juga bisa jadi salah satu cara mengembangkan diri supaya lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan.

Dengan bangun lebih pagi, kita juga bisa melakukan banyak hal lebih terstruktur. Perencanaan harian saat bangun pagi, mengurangi perasaan tertekan akibat banyaknya kegiatan berikutnya.

Tips bangun pagi dibutuhkan karena bagi sebagian orang bangun pagi bukanlah hal yang mudah. Keinginan untuk melanjutkan tidur seringkali jauh lebih besar daripada keinginan untuk mulai bekerja di pagi hari.


7 Tips Bangun Pagi 

Sama seperti bagaimana kita membangun kebiasaan baik lainnya, bangun lebih awal juga membutuhkan komitmen yang kuat. 

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa memulainya dengan melakukan 7 tips bangun pagi berikut ini.

1# Hindari Minuman Manis dan Berkafein

Minuman berenergi dan kopi memang mampu meningkatkan konsentrasi dan mendorongmu bekerja lebih giat ketika bangun. Namun, mengonsumsi gula dan kafein sebelum tidur akan membuatmu jadi sulit tidur. 

Tidak hanya itu, minuman dengan kandungan gula dan kafein yang tinggi membuatmu mudah mengalami dehidrasi dan lemas ketika bangun keesokan harinya. 

Karena itu, tips bangun pagi yang bisa kamu coba salah satunya adalah menghindari minuman manis dan kafein. 

Jika kamu punya kebiasaan untuk mengonsumsi minuman energi dan kopi di malam hari, kamu bisa menggantinya dengan air mineral atau teh yang membuatmu lebih rileks sebelum tidur.


2# Matikan Ponsel

Matikan ponsel atau non-aktifkan notifikasinya sebelum tidur. Notifikasi dari media sosial atau aplikasi chat bisa membuatmu penasaran dan ingin segera membukanya. 

Tak jarang kita malah berakhir menghabiskan banyak waktu melihat ponsel padahal awalnya hanya ingin melihat notifikasi saja.

Kamu bisa coba non-aktifkan ponsel 30 menit sebelum tidur. Kemudian, kamu bisa menghabiskan 30 menit tersebut dengan kegiatan lain seperti melakukan perawatan kulit atau membaca buku. 

Kegiatan seperti ini akan membuat kualitas tidurmu semakin baik.

 

3# Tidur Lebih Awal

Latihlah tubuhmu untuk tidur lebih awal setiap malamnya. Dengan cara ini, secara otomatis kamu juga akan bangun lebih pagi.

Waktu istirahat yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 7-8 jam. Tidur larut akan membuat waktu istirahat ini tidak tercukupi, sehingga kita jadi ingin tidur lagi dan bangun lebih siang.

 

tips bangun pagi

4# Olahraga yang Cukup

Tips bangun pagi selanjutnya adalah berolahraga. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga memiliki banyak manfaat, seperti mengatasi amnesia, membuat suasana hati lebih baik, dan menurunkan tingkat stress.

Melakukan aktivitas fisik ringan atau olahraga kesukaan bisa membuat tubuhmu lebih tenang di malam hari. 

Energi yang dikeluarkan ketika berolahraga juga akan membuat kamu merasa ingin beristirahat dan bisa tidur lebih awal. Berolahraga mampu meningkatkan kualitas tidurmu, sehingga keesokan harinya kamu dapat bangun lebih segar.

 

5# Buat Suasana Kamar Lebih Nyaman

Jika kamu sering kesiangan karena sulit tidur malam harinya, cobalah lihat sekitar kamarmu. 

Apakah berantakan? Suhu kamar terlalu hangat atau terlalu dingin? Atau hal lainnya? Tips bangun pagi yang satu ini mungkin bisa kamu terapkan. 

Kamar yang rapi, bersih dan nyaman mampu meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik akan membuat kita lebih mudah bangun pagi karena mendapat istirahat yang cukup saat malam hari.

6# Letakkan Alarm di Seberang Ruangan

Saat masih mengantuk, suara alarm bisa sangat mengganggu. Pernahkah kamu mematikan alarm dan melanjutkan tidur? Banyak orang juga melakukan hal yang sama.

Kebiasaan ini akan membuat kita akhirnya bangun lebih siang dan jadi kurang produktif.

Yang bisa kamu lakukan adalah meletakkan alarm atau ponselmu di sisi yang berseberangan dengan tempat tidurmu. Jarak yang cukup jauh ini membuatmu mau tak mau harus berdiri dari tempat tidur untuk mematikan alarm, dan biasanya membuatmu jadi tak ingin melanjutkan tidur lagi.

 (Baca Juga: Kebiasaan Orang Sukses)


7# Temukan Alasan Kuat untuk Bangun Pagi

Sama seperti membangun kebiasaan lain, kamu membutuhkan motivasi agar bisa terus konsisten. Motivasi ini akan membuatmu lebih tekun dalam membangun kebiasaan hingga menjadikan dirimu lebih disiplin nantinya.

Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang membuatmu ingin bangun lebih pagi? Alasannya bisa beragam, apakah karena kamu tak mau buru-buru bersiap saat ingin pergi bekerja? Atau mungkin kamu ingin rutin berolahraga?

Temukan alasan itu dan jadikanlah pendorongmu untuk bangun lebih awal dan bangkit dengan bersemangat setiap pagi.

 

Itu dia tips bangun pagi yang bisa kamu lakukan jika ingin membangun kebiasaan baik di awal hari. Kamu bisa melakukan cara di atas secara bertahap untuk mengembangkan diri dan pada akhirnya kamu terbiasa bangun di waktu yang kamu inginkan. 

 

2 komentar

Anisa AE mengatakan...

Nah bener banget kualitas tidur itu penting banget untuk bangunnya yang lebih segar dan produktif. Gak hanya harus bangun pagi, tetapi perlu memperhatikan juga hal yang harus dilakukan sebelum tidur. Terima kasih tipsnya!

fanny_dcatqueen mengatakan...

Dulu pas zaman masih kerja kantoran, aku selalu bangun subuh, trus langsung mandi dan berangkat ke kantor paling lambat jam 5 🤣🤣. Sbnrnya ga jauh2 amat ke kantor, cuma di mangga dua. Tapi kalo telat dikiiit aja, itu bakalan kegencet di trans J dan kena macet🤣. Aku ga suka banget kalo hrs desak2an di kendaraan umum.makanya lebih milih DTG kepagian tapi msh fresh daripada DTG telat 😅

Eh tapi yg kafein itu beneran ngaruh sih di aku. Pernah beli espressonya strbx pas pagi mba. Kok ya sampe malam aku ga ngantuk 🤣🤣🤣. Paginya puyeng Krn kurang tidur. Akhirnya ga mau lagi minum kopi kalo di hari kerja.