5 Manfaat Membuat To Do List Setiap Hari, Bikin Hari Semakin Produktif

manfaat to do list


Tahukah kamu mengenai manfaat to do list? Beberapa manfaat tersebut di antaranya dapat membuat pekerjaan dan personal life lebih terencana, dan untuk membuatnya hanya butuh beberapa menit saja.

 

Manfaat to do list bisa kamu rasakan jika kamu ingin memulai kebiasaan kecil untuk membuat perencanaan agar pekerjaanmu dalam satu hari bisa lebih produktif.

To do list adalah daftar pekerjaan atau tugas yang harus kamu selesaikan dalam waktu tertentu, biasanya dalam satu hari.

Untuk membuatnya, kamu tinggal menuliskan semua agendamu dan mengurutkannya berdasarkan skala prioritas, atau mana yang ingin kamu kerjakan lebih dahulu.

5 Manfaat Membuat To-do List Setiap Hari

Terdengar sederhana, ya? Namun, ternyata to do list ini bisa banyak membantumu dalam keseharian, lho. Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh dari membuat to-do list.

1. Mengurangi Stress

Menuliskan hal-hal yang harus kamu lakukan membuatmu merasa lebih rileks dan aman. Kamu merasa bahwa hari yang kamu lewati ada dalam kontrolmu.

Selain itu, dengan manfaat to do list adalah kamu jadi tidak perlu mengingat apa saja yang harus kamu kerjakan. Berusaha mengingat tanpa catatan seperti itu bisa menambah beban pikiran dan akhirnya membuatmu mudah stress.

Menyelesaikan tugas dan menghapus atau mencoret satu pekerjaan dari to do list juga membuatmu merasa puas dengan apa yang kamu lakukan. Hal ini bisa memotivasimu untuk bekerja lebih giat dan produktif.

2. Membantumu Mencapai Tujuan yang Lebih Besar

Untuk mencapai target atau tujuan yang besar, tentunya harus melewati banyak proses. Ada banyak hal yang perlu dilakukan, dan kamu bisa kewalahan karenanya.

Menyusun to do list membantumu untuk membagi proses yang panjang itu dalam tugas-tugas kecil sehingga kamu merasa lebih ringan saat mengerjakannya.

Manfaat to do list bisa memudahkanmu untuk memanajemen tugas-tugas itu, serta membantumu untuk lebih mudah fokus dan tahu mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Mengerjakan tugas sedikit demi sedikit dan fokus, lebih baik daripada mengerjakan tugas bersamaan. (Baca Juga: Tips Bangun Pagi Agar Hidup Berkualitas)

3. Menghemat Waktu

Menyiapkan to do list selama lima belas menit di malam sebelumnya, bisa menghemat waktumu berjam-jam keesokan harinya. Hal ini karena mengerjakan sesuatu dengan rencana membuatmu tahu dan lebih siap menyelesaikan pekerjaan.

Bayangkan kamu sedang membangun sebuah gedung. Akan jauh lebih mudah membangunnya jika sudah punya rancangan blueprint, kan? Kamu jadi bisa meminimalisir kesalahan dan bisa memperkirakan kapan gedung yang kamu kerjakan selesai dibangun.

Sama halnya dengan pekerjaanmu sehari-hari, memiliki perencanaan yang baik bisa memudahkanmu untuk mengerjakannya. Misalnya, kamu seorang ibu rumah tangga bloger yang juga mengurus keluarga. Maka kamu perlu fokus mengerjakan tulisan tanpa main medsos agar bisa segera diunggah di blog sebelum memasak.

4. Melatih Kedisiplinan

Membuat to do list membutuhkan pemikiran yang matang. Hal ini membuatmu lebih mindful dengan tugas-tugas dan bagaimana caramu menghabiskan waktu dalam sehari.

Mematuhi to do list bisa mencegah prokrastinasi atau menunda-nunda pekerjaan. Cantumkan deadline dari setiap tugas dan tuntaskan segala sesuatu tepat pada waktunya.

Dengan membangun kebiasaan yang baik seperti ini, kamu bisa melatih kedisiplinan setiap harinya. Susun prioritas dari tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu.

5. Membantu Fokus

Tak jarang kamu harus melakukan banyak pekerjaan secara paralel dalam satu waktu yang sama. Pekerjaan-pekerjaan ini tak berhubungan satu sama lain dan tak mungkin kamu campurkan.

Manfaat to do list adalah memudahkanmu bagaimana untuk kembali fokus ke suatu pekerjaan setelah kamu menyelesaikan pekerjaan yang lain. Hindarilah multitasking, karena hal itu dapat membuat hasil kerjamu kurang optimal.

(Baca Juga: Tips Menghilangkan Rasa Malas)

 

Itu dia 5 manfaat to do list yang bisa kamu buat setiap hari. Semoga memulai kebiasaan kecil ini dapat memotivasimu untuk mulai membuat daftar tugas harian agar hari-hari jadi lebih produktif daripada sebelumnya. 


3 komentar

Anisa AE mengatakan...

Bener banget kalau mau ngatur aktivitas mending dibuat list kayak gini karena memudahkan dan jadi terarah. Buat yang pelupa sih lebih baik kayak gini, karena semua pasti tercatat dan terselesaikan.

fanny_dcatqueen mengatakan...

To do list selaku aku bikin kalo memang kerjaan di hari itu banyak dan beragam. Kadang suka bingung kan ya mau mana dulu yg dikerjain. Akhirnya pake to do list. Jadi bisa fokus 1-1 nyelesaikan tugas. Dan tau arah kerjaan . Tau juga mana yg hrs dijadiin prioritas utk selesai duluan.

Ribeeeet banget kalo sampe ga pake to do list gini. Yg ada aku jadi multitasking, tapi berantakan 🤣

Reffi Dhinar mengatakan...

Anisa Ae: Aku juga pelupa bangeet jadi to do list ini beneran bantu aku hehe

Fanny: Sebagai orang yang sering lupa, emang to do list bisa membenarkan fokusku dan merapikan tugas.