Get Spirit, Solusi Konsultasi Psikologi Online Inspiratif


 


Kesehatan mental menjadi isu yang semakin diperhatikan akhir-akhir ini. Banyaknya kasus gangguan kesehatan mental dari beragam usia, membuat masalah ini tidak lagi tabu diperbincangkan di ruang publik. Itulah sebabnya saya mengikuti Zoom meeting dengan Indscript Creative yang menghadirkan narasumber dari Get Spirit untuk membahas masalah kesehatan mental dan solusi melalui konsultasi psikologi online.

Yang menjadi narasumber utama adalah Selly, S. Psi, M. Psi, Psikolog. Dalam sesi Zoom yang berlangsung kurang lebih 90 menit tersebut, saya jadi mengenali lebih dalam apa saja yang diperlukan jika ingin mengenali gangguan kesehatan mental pada diri atau keluarga.

 

Pentingnya Mengetahui Dasar Isu Kesehatan Mental

Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit ingin membantu masyarakat yang memang butuh bantuan untuk mengatasi masalah kesehatan mental pada diri atau untuk orang terdekat. Tim psikolog yang dipilih pun terdiri dari para ahli profesional dan berkompeten di bidangnya.

konsultasi psikolog online
Foto: Azalia Cindy Permadi
(Sumber: Get Spirit)


Penjabaran dari Ibu Selly juga sangat mudah dipahami. Saya jadi makin ingin menumbuhkan self-awareness agar bisa mengetahui jika muncul gangguan berpikir pada diri sendiri.

Definisi kesehatan mental

Kesehatan mental adalah kondisi “sejahtera” seseorang sehingga ia sadar pada kemampuan diri, bisa berkembang secara optimal (psikologis, emosional, intelektual, dan spiritual), serta bisa membangun hubungan pada diri dan orang lain.

Orang yang sehat secara batin dan mental bisa memutuskan hal yang terbaik untuk dirinya. Ia juga mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ketika ada hal buruk yang membuat pikirannya sedih atau resah, ia tidak akan terlarut terlalu lama dalam kondisi tersebut dan bisa segera mencari solusi.

Ciri sehat secara mental

Ada beberapa ciri yang menandakan seseorang sehat secara mental. Bu Selly sebagai salah satu tim yang juga mendampingi klien lewat konsultasi psikologi online, membagi tanda mental yang sehat sebagai berikut:

·     Bebas gangguan jiwa: ciri utama tentu saja bebas dari diagnosis gangguan jiwa seperti bipolar dan gangguan kecemasan.

·       Sadar akan kelebihan dan kekurangan: orang yang sehat mentalnya, tahu apa kelebihan atau potensinya dan memahami kekurangan. Kekurangan tersebut tidak menjadikan dirinya terpuruk. Ia bisa menerima dengan wajar.

·     Mampu mengembangkan potensi: karena bisa memahami kelebihan pada diri, seseorang yang mentalnya sehat bisa mengembangkan potensi tersebut untuk membangun hubungan dengan orang lain atau meningkatkan kesempatan untuk diri.


Pondasi Kesehatan Mental Dimulai dari Diri Sendiri

Sebagai psikolog berpengalaman, Bu Selly menyarankan agar kita tidak melakukan deteksi dini kelainan kesehatan mental berdasarkan asumsi pribadi. Saya sangat setuju dengan hal ini. Saya sering menjumpai beberapa pengguna medsos yang mengira dirinya terkena bipolar atau penyakit mental lainnya berdasarkan analisis di artikel. Ini sangat berbahaya.

tim Get Spirit 


Gangguan kesehatan mental hanya bisa dipastikan oleh psikolog atau psikiater. Kita hanya bisa menduga dan harus segera mencari layanan konsultasi dengan psikolog jika merasakan masalah gangguan mental berlebihan dalam kurun waktu tertentu. Jangan merasa malu.

“Semangat, kamu pasti bisa.” Membaca quote seperti itu di saat kita terpuruk dan butuh bantuan, hanya akan menjadi toxic positivity. Tubuh dan pikiran manusia buuh istirahat. Makanya saya pun menyisihkan waktu untuk sekadar leha-leha, jalan-jalan dengan keluarga atau sahabat, dan menonton drakor kesukaan. Saya berusaha menumbuhkan self-awareness.

Ada empat tahapan agar kita bisa mencintai diri sendiri antara lain sebagai berikut:

·         Self-awareness: sebuah sikap untuk menyadari kelebihan dan kekurangan, serta apa saja kebutuhan pribadi untuk pengembangan diri atau memoles kekurangan. Seseorang pun tahu batasan dirinya.

·         Self-worth: perasaan berharga dan merasa dicintai bukan karena status sosial atau materi, serta sebuah rasa layak unuk mendapatkan yang terbaik buat diri.

·         Self-acceptance: menerima semua kekurangan dan kesalahan tanpa kecuali.

·    Self-love: sikap ini sepaket dengan usaha  menggali ke dalam diri. Kita akan sulit mencintai atau menerima cinta jika tidak merasa cukup dengan diri sendiri.

Materi dari Get Spirit membuat saya jadi teringat dengan beberapa kawan yang berjuang dengan masalah kesehatan mentalnya. Kalau ada yang butuh psikolog untuk anak, Get Spirit siap membantu bahkan juga menyediakan layanan home visit jika perlu.

Menarik sekali topik tentang isu kesehatan mental, ya. Jika kamu tinggal di sekitar Badung dan butuh bantuan konsultasi psikologi online, buatlah janji dengan psikolog pilihan di Get Spirit dengan menghubungi Bu Theofanny di 0812-1400-0624. Ikuti juga akun Instagram di @get_spirit.

1 komentar

Anisa AE mengatakan...

Wah sering banget sih dilema soal kesehatan mental apalagi di zaman sekarang, kalau pun seliweran sharing tentang psikologi kadang belum tentu dari ahlinya jadi kurang percaya. Mantep ini kalau bisa konsultasi langsung ke yang profesional. Terima kasih informasinya!