.comment-content a {display: none;}

Saturday, 5 July 2014

Energi Muda Wirausaha

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 09:21
Response 

Berbisnis bukan lagi hanya pantas didominasi orang-orang yang sudah berumur saja. Kini sudah mulai tumbuh wirausahawan dan pebisnis muda yang bekerja dengan passion dan minat mereka. Hal-hal sederhana yang seingkali luput dari perhatian kita, ditangkap dengan paduan ide yang unik menjadi produk serbaguna yang sangat menarik. Salah satu di antara pebisnis muda berbakat adalah Aldila Dipamela yang mengembangkan bisnis handicraft bernama RYLA Shop.

Perjalanan bisnis gadis manis ini bermula sejak ia masih duduk di bangku SMU pada 2008 lalu. Saat itu, kawan-kawan perempuan Aldila banyak memakai kalung-kalung cantik dan unik, sehingga Aldila tertarik untuk membuat kalung buatan sendiri yang tak kalah bagusnya. Tak disangka, kalung tersebut disukai kawan-kawannya, dari situlah insting bisnis Aldila mulai terbentuk.

Banyak yang beranggapan untuk memulai sebuah bisnis, maka modal yang besar pun dibutuhkan. Aldila menepis anggapan tersebut. Dengan ketekunan menyisihkan uang saku dari orang tuanya, gadis kreatif itu mengumpulkan modal sebanyak lima ratus ribu rupiah sebagai modal usaha. Berikutnya, Aldila mencoba membuat kerajinan tangan dari bahan rajutan di samping membuat kalung-kalung unik andalannya. Pada tahun 2012, ia meresmikan bisnis iseng-isengnya menjadi usaha yang lebih serius lagi, serta memiliki merk sendiri yang disebut “Ryla”.

Konsumen Ryla Shop kini telah berkembang hingga level nasional. Terlebih lagi setelah Aldila menjadi salah satu finalis nasional Wira Usaha Muda Mandiri pada 2012 lalu, omset Ryla Shop terus meroket mencapai 70 juta per bulan. Ryla Shop juga terus berkembang dengan produk yang up-to-date. Produk unggulan lainnya adalah sepatu dan tas unik dengan model dan warna yang berani.

Salah satu keinginan Aldila dalam mengembangkan bisnisnya adalah dapat meningkatkan taraf kesejahteraan perempuan terutama para ibu rumah tangga di lingkungannya. Perempuan memiliki potensi untuk berkarya dari rumah, tanpa harus mengesampingkan keluarga. Ryla Shop mengajak siapapun yang ingin mulai berbisnis sendiri untuk menjadi reselller. Caranya pun sangat mudah, yang berminat menjadi reseller hanya diwajibkan membeli 3 buah produk dengan diskon 20%. Berikutnya, jumlah barang yang dibeli disesuaikan dengan keinginan reseller. Cara kedua adalah melakukan pembelanjaan awal dengan potongan harga 10%, lalu 15% dan yang ketiga sebesar 20%, setelah pembelian ketiga, reseller boleh membeli satu barang dengan diskon 20%.

Energi dan semangat Aldila telah menyuntikkan inspirasi bagi kita agar jangan menyepelekan hobi. Hobi yang dilakukan dengan tekun dan serius ditambah jeli mengamati kebutuhan pasar, dapat dijadikan bisnis yang menggiurkan. Perempuan pun tetap bisa eksis dengan berwirausaha.

0 komentar:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge