Saturday, 2 August 2014

Uniknya Sistem Pendidikan Anak di Jepang

Jepang adalah negara yang sudah tergolong sangat maju di bidang teknologi dan pengetahuan. Untuk membangun kemajuan tersebut, pemerintah Jepang telah membentuk sistem pendidikan yang sangat baik sejak kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Pendidikan dasar yang diberikan sejak taman kanak-kanak menjadi pondasi kokoh untuk pembentukan kesiapan mental anak, perkembangan aspek kognitif hingga psikomotoriknya. Berbeda dengan sistem pendidikan Indonesia yang masih menitikberatkan pada penguasaan konsep dan teori.

Menurut Stefie Siera Ngangi, founder Stefie’s House of Creativity, lingkungan yang mendukung dipadu dengan sistem pendidikan yang sesuai dengan usia anak, akan memacu perkembangan kecerdasan otak dan keterampilannya. Seperti yang diberikan di Stefie’s House of creativity, dimana anak-anak akan diajarkan seni tari untuk mengasah kepekaan seni dan berbudayanya. Kehadiran lembaga pendidikan seperti itu akan mengimbangi sistem pendidikan formal yang masih berputar dalam penguasaan hafalan, hitungan dan teori lainnya. Padahal sistem pendidikan yang mengaktifkan kemampuan otak kanan dan kiri lebih melejitkan prestasi anak.

Pendidikan taman kanak-kanak di Jepang sudah lebih maju dalam mengintegrasikan sistem pendidikan yang baik untuk anak-anak. Anak-anak tidak diwajibkan belajar menghitung dan dipaksa bisa segera membaca. Anak-anak dilatih untuk mengasah kemampuan motoriknya melalui kegiatan olahraga, bagaimana cara berhubungan baik dengan sesama, menghargai lingkungan, mencintai bahasa dan mengekspresikan diri baik perasaan serta emosi secara tepat.

Contoh-contoh kegiatan pembelajaran yang diajarkan di taman kanak-kanak negara Jepang adalah mengucap salam dan terima kasih saat sebelum dan sesudah makan. Sekolah memberi jadwal pada masing-masing murid untuk membawa bekal makanan dari rumah disertai perlengkapan makannya sendiri. Diselenggarakan festival olahraga atau undoukai secara rutin untuk melatih kerjasama antar teman dan mengajarkan anak-anak agar mencintai olahraga. Kegiatan membaca buku, berkebun, bermusik dan pelajaran keterampilan dasar lainnya juga diberikan pada anak-anak.

Oleh sebab itu, orang tua yang cerdas harus bisa memberikan pola pendidikan yang terbaik bagi anak-anak. Mempelajari sistem pendidikan di Jepang, akan memperkaya wawasan oang tua untuk lebih memperhatikan perkembangan akan-anaknya. Jadi, memasukkan anak-anak pada kursus seni musik atau  tari seperti pada lembaga pendidikan yang dikelola Stefie’s Siera Ngangi dan lembaga sejenis adalah salah satu pilihan tepat agar anak-anak kita lebih terasah kemampuan seni serta kepekaannya.

1 comment:

  1. Informasi bagus, kini ada Box yang cocok untuk segala jenis makanan. Cocok untuk aneka makanan yang mengandung minyak ataupun berkuah panas. Dijamin Anti bocor.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^