.comment-content a {display: none;}

Saturday, 21 March 2015

Pembelajaran Hidup dari Arung Jeram

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 21:24
Response 

Hidup seperti air mengalir itu membahayakan, kawan. Kita tahu jika sifat air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Bagiku amat menyedihkan bila sebagai manusia kita hanya menunggu hingga jatuh di titik terendah tanpa adanya perjuangan.

Aku lebih menyukai jika hidup diumpamakan bermain arung jeram. Arus sungai kita sebut sebagai kehidupan. Bebatuan adalah hambatan. Perahu, alat keselamatan dan kawan adalah senjata berjuang.

Saat kau hendak terjun di jeram yang belum pernah kauketahui jalurnya, di situlah letak keberanianmu diuji. Hidup yang benar-benar hidup adalah ketika kau berani keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru. Petualang sejati bukan diukur dari seberapa sering ia menjelajah, tapi tentang keberanian melawan ketakutan.

Tepat sebelum hanyut dalam arus, kau butuh persiapan. Kawan satu tim, alat pelindung dan saling bekerjasama. Kita tak bisa hanya menuruti arus. Butuh sesekali mendayung, butuh menghindar, strategi dan juga tekad bersama agar perahu tidak terbalik atau terbentur batu. Dalam hidup pun kita butuh berjuang, tak hanya pasrah mengikuti arus. Adanya ikatan dengan orang lain juga dibutuhkan dalam hidup, bahkan saat kita mati nantinya butuh bantuan orang lain membawa jenazah kita ke pemakaman bukan?

Di tengah jeram, sesekali kita beristirahat. Bisa jadi hal tak terduga muncul, mungkin ada kawanmu yang jatuh ke air atau dirimu, inilah saatnya perjuangan diuji. Hidup pun butuh relaksasi. Ketegangan bisa dihapus dengan tawa. Hal menyedihkan terjadi, namun kita tak boleh menyerah. Akan ada tangan-tangan ajaib yang membantu. Kita belajar untuk bangkit dari kejatuhan.

Sebelum titik keberhasilan dicapai, kita harus belajar menikmati perjalanan. Seperti pemandangan indah di sepanjang sungai yang tak kita temui di luar jalur jeram, petualangan mencapai impian pun punya kesannya. Proses demi proses kita alami seiring kedewasaan yang bertumbuh.

Jadi, cobalah satu kali saja menguji nyalimu di arus jeram. Coba renungkan kalimatku, hidupmu terlalu singkat hanya untuk dihabiskan berdiam diri. Stream is life, adventure is conquering your fear!

5 komentar:

Dee Ann Rosediana on 22 March 2015 at 02:44 said...

Pengin... tapi takut. Perasaannya negatif mulu kalau udah deket2 air yang mengalir deras gitu.

Reffi Seftianti on 24 March 2015 at 21:07 said...

coba ya..life begins when fear ends

leo wahyu on 16 January 2017 at 09:12 said...

songa adventure.... sangat menyenangkan... begitu menantang... butuh kekompakan tim...

leo wahyu on 16 January 2017 at 09:14 said...

songa adventur probolinggo... sungguh menantang.... butuh kekompakan tim...

Rafi Pelatihan SDM on 9 February 2017 at 00:06 said...

kalo ingin menguji kekompakan , rafting salah satu pilihannya :D

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge