.comment-content a {display: none;}

Saturday, 28 May 2016

Bagaimana Cara Anak Kos Bertahan Hingga Tanggal Tua

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 07:26
Response 
source: abovethelaw.com


Bertahan sampai tanggal tua, bagaimana bisa? Apalagi dengan status anak kos seperti saya yang harus membagi dana untuk biaya kos, makan dan minum sehari-hari serta membagi dengan kebutuhan sosial lainnya yang kadang tanpa sadar membutuhkan biaya. Money is not everything, but with money life run easier. Selain berstatus sebagai anak kos, saya juga sudah tidak lagi mengandalkan bantuan finansial orang tua semenjak lulus kuliah serta bekerja. Alhasil, ketika memasuki tanggal tua, seakan ada hantu yang menari-nari di kepala. Takut kalau dompet saya sekarat. Bagaimana cara anak kos bertahan hingga tanggal tua adalah pertanyaan yang rutin meneror saya tiap bulan.

Anda yang saat ini sedang tinggal sendiri dan juga berstatus sama seperti saya, single and have a job to fulfil our needed, rasanya juga perlu belajar mengatur keuangan supaya bisa tetap bertahan hingga tanggal tua. Setelah melakukan beberapa trial error (ketika error, saya bisa mengorek tabungan untuk menambal kosongnya dompet), ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara anak kos bertahan hingga tanggal tua.


1.       Awal gajian langsung dahulukan utang dan tabungan
Ini sih cara ibu-ibu kita dari zaman dahulu. Mumpung masih lajang, sebaiknya kita mulai belajar mengatur pengeluaran. Biasanya setelah gajian, saya akan menghitung utang dan tagihan apa saja yang saya punya dan perlu diayar, misal yang tergolong tagihan adalah sewa kos atau misal jika memiliki tanggungan kredit barang.

 Berikutnya merinci kebutuhan wajib tiap bulan, seperti pulsa telepon dan internet dan juga kebutuhan makan sehari-hari. Saya juga mengalokasikan dana untuk ansuransi jiwa serta tabungan berjangka. Ansuransi jiwa itu baru bisa diklaim sepenuhnya setelah lima belas tahun, sedangkan tabungan berjangka sifatnya setahun baru bisa diambil. Nah, sisanya baru saya gunakan untuk social life misal sesekali nongkrong atau nonton film di bioskop bersama teman-teman. Pisahkan rekening untuk tabungan dan rekening untuk kebutuhan selama satu bulan.

2.       Ingin social life keren  tanpa keluar banyak biaya? Jadilah blogger yang andal
Pasti anda bertanya-tanya, maksudnya apaan nih? Lho ini serius. Memang dibutuhkan waktu beberapa lama dari seorang blogger pemula sampai menjadi blogger yang profesional. Tetapi inilah yang dirasakan oleh banyak kawan saya para blogger profesional dan juga saya yang masih belum sepenuhnya profesional, hehehe.

 Kawan saya yang rutin menulis tentang tempat makan unik dan enak di kotanya, bisa dapat kesempatan makan-makan gratis di restoran baru yang ingin direview di blog. Atau seperti saya yang dapat kesempatan mengikuti gathering sebuah komunitas merk ponsel yang sedang naik daun hanya karena saya lumayan tekun mengisi konten blog www.wordholic.com. Semuanya free dan malah mendapat kesempatan untuk memperluas networking serta social circle yang oke punya.

3.       Berbelanja cerdas
Yang namanya perempuan apalagi juga sebagai seorang pekerja, tentunya penampilan baik harus tetap dijaga. Untuk itu anda perlu menerapkan strategi belanja cerdas. Buat list belanja yang efisien dan ambil uang tunai secukupnya. Tinggalkan kartu kredit di rumah dan kalau mau lebih ekstrim lagi, tinggalkan kartu ATM serta ambil uang tunai secukupnya.

source: www.parentingtipsforgirls.com 

Atau pilihan cerdas lainnya adalah pintar-pintar memilih cara berbelanja. Anda bisa berbelanja online di sebuah situs yang terpercaya dengan diskon yang tentunya menarik seperti MatahariMall.com, mulai dari fashion untuk segala usia dan juga peralatan rumah tangga bisa dibeli dengan harga lebih hemat. Perhatikan kualitas produk dan juga bisa jadi anda mengamati bagaimana testimoni konsumen. Akan lebih baik lagi jika situs belanja online tersebut juga sudah memiliki nama di bidang ritel dalam bentuk fisik. Belanja di hari tua pun tidak akan jadi masalah jika banyak diskon menarik yang bisa diperoleh di situs belanja online favorit anda.

Segera ubah perilaku boros menjadi lebih smart dalam mengatur keuangan. Bertahan hingga tanggal tua sudah bukan lagi angan-angan. Semoga tabungan akan lebih bertambah nominalnya, you can do it right now!




5 komentar:

Tira Soekardi on 28 May 2016 at 13:19 said...

kalau aku dulu mah mau makan enak sbg anak kos pada tanggal tua, cari yang kawinan di hotel, nah datang sbg pengunjung, ha, ha, kadang ngamen bareng temen di tempat tongkrongan anak muda walau pernah ketemu dosen di sana

Reffi Seftianti on 28 May 2016 at 22:41 said...

sipp, hahaha,,jadi inget say ajuga kalau waktu puasa biasanya nyari takjil gratis di masjid :D

ali shodiqin on 29 May 2016 at 21:22 said...

kalau saya di kos dulu ya,.. makannya seadanya, telor sama bon cabe itu udah enak banget. hemb.. hemat banget soalnya

Reffi Seftianti on 30 May 2016 at 02:48 said...

bon cabe sama abon sapi.. hehehe

Jefry Dewangga on 14 June 2016 at 19:16 said...

Kalau menurut saya akan lebih baik jika kita merinci kebutuhan sehari-hari dengan mendetail dan mengalokasikan juga sebagian uang untuk kebutuhan mendadak. Tapi memang kalau jadi anak kos harus ekstra hemat biar enggak kelabakan. Kalau memang hobi nulis ya bisa dtuangkan menjadi pundi pundi uang seperti yang mas tulis di atas. cmiiw.

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge