Sunday, 11 September 2016

Susu Soya Anti Alergi Kaya Manfaat Untuk Anak


Memiliki bayi adalah anugerah terbesar bagi tiap pasangan yang menikah. Betapa banyak para pasangan muda yang berancang-ancang ingin memiliki keturunan tak lama setelah pernikahan. Sebuah kebahagiaan tersendiri jika dalam beberapa bulan pernikahan saja, istri sudah mengandung.  Namun setelah bayi lahir pun, orang tua harus memberi perhatian ekstra pada si buah hati. Bayi sangat rawan terkena alergi, akibat reaksi zat imunitas dalam tubuhnya terhadap partikel asing di lingkungan atau reaksi pada makanan dan minuman yang memicu alergi.

Ciri-ciri bayi alergi secara umum seperti hidung yang terus mengeluarkan ingus, batuk tanpa dahak, bayi yang sulit tidur dan terus bersin, hingga  mata yang terus berair, serta masih banyak lagi. Pemicu alergi pada bayi kebanyakan dipengaruhi oleh pengaruh eksternal. Penyebabnya bisa dari bulu binatang, debu di dalam ruangan, suhu udara, dan alergi pada bahan makanan tertentu. Orang tua harus memperhatikan kondisi kebersihan dan higienitas lingkungan tempat tinggal, terutama jika memelihara binatang. Contohnya saja kucing yang rawan membawa virus toksoplasma. Bayi tak hanya rentan alergi tetapi juga bisa berpotensi terkena virus jika orang tua kurang waspada.

Penyebab bayi alergi yang sering muncul karena makanan atau minuman adalah alergi pada susu sapi. Protein hewani yang terkandung dalam susu sapi, tidak semuanya bisa diterima dengan baik oleh organ tubuh bayi yang mash dalam masa pertumbuhan. Sebagai alternatif pengganti, ibu bisa memberikan susu soya pada si buah hati. Susu soya atau yang lebih dikenal sebagai susu kedelai, juga bisa diberikan kepada bayi. Kandungan protein nabati, bukannya hewani, tidak akan memicu respon alergi.

Manfaat lain dari susu soya adalah tidak adanya kandungan laktosa seperti di dalam susu sapi. Menurut sebuah penelitian, sekitar 25 persen dari populasi anak-anak di seluruh dunia, ditengarai tidak bisa mencerna laktosa. Susu soya juga membantu agar tubuh tidak banyak kehilangan kalsium, yang berarti sangat bagus untuk tumbuh kembang tulang-tulang bayi dan anak-anak. Orang tua tidak perlu cemas dengan nutrisi yang ada di dalam susu soya. Jika bayi anda memiliki alergi susu sapi, anda bisa memberikan susu soya yang angka kecukupan gizinya tidak jauh berbeda dengan susu sapi. Susu soya dapat menjadi salah satu alternatif mengurangi alergi pada bayi.

2 comments:

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^