Wednesday, 1 February 2017

Sabar Adalah Pelajaran Hidup yang Tak Mudah


Sabar, adalah satu kata yang mudah diucap namun tidak mudah untuk mengaplikasikannya. Betapa banyak orang bahkan mungkin termasuk saya dan anda yang dengan gampangnya berujar kepada orang lain agar berperilaku lebih sabar saat menghadapi masalah, tetapi saat diri sendiri tertimpa masalah kesabaran dibilang selalu ada batasnya. Kita menjadi tidak sabar karena disakiti orang lain, kita menjadi pemarah akibat tingkah orang lain yang dianggap menjengkelkan, kita juga menjadi begitu hilang akal setelah ditimpa ujian hidup bertubi-tubi. Sabar memang tidak mudah saat diri kita yang dicoba kelapangan hatinya.

Saya juga pernah berkali-kali ditimpa ujian kesabaran. Mulai hal sederhana di lingkup pergaulan seperti dikhianati sahabat, dibohongi, dimarahi orang tua dan atasan sampai ujian paling hebat dahulu adalah dikhianati calon pendamping hidup. Butuh waktu lama agar rasa meledak-ledak bisa diatasi. Karena saya adalah orang yang moody dan juga tidak sabaran, cara paling cepat agar rasa jengkel tidak meluap adalah meninggalkan hal atau orang yang menguji rasa marah. Namun toh itu saja tidak cukup. Beberapa kali emosi tetap tidak bisa diatasi dan akhirnya ungkapan kekesalan tetap terucap. Saya belum lulus dalam ujian kesabaran.

Walaupun merasa belum menjadi orang penybar, masih banyak kejadian yang bisa saya atasi tanpa harus melempar pisau kepada orang yang membuat saya marah. Sabar itu tak hanya menahan diri dari amarah, namun juga mengolah pikiran agar tidak down saat kesusahan dan berusaha berpikir positif setelah kegagalan. Ada beberapa cara agar kita bisa menjadi lebih bersabar.

sumber gambar: http://www.sabarhadi.com/2016/04/sabar-dan-ikhlas-dalam-penantian-dan.html


·         Menganggap Orang Yang Menjengkelkan Memang Tidak Tahu

Ada pelajaran menarik dari salah satu senior saya tentang kesabaran. Beliau adalah tipe orang yang sangat jarang marah walau orang lain melabrak, mencaci dan mengkritiknya habis-habisan. Yang sering ia lakukan adalah tersenyum dan mencairkan suasana. Katanya, supaya kita bisa lebih mudah menghadapi amarah orang lain, meskipun kadang bukan kita penyebabnya, adalah dengan menganggap orang tersebut memang tidak tahu. Orang yang tidak tahu subjek masalah sebenarnya, tidak bisa disalahkan sepenuhnya jika kemudian marah atas ketidaktahuannya. Orang yang menyebalkan, barangkali memang tidak tahu jika komentarnya membuat telinga dan hati panas. Kita harus belajar membangun pengertian karena kita tahu jika tindakan itu tidak bagus kalau ditimpali dengan amarah juga.

·         Mengerti Bahwa Tiap Manusia Bukanlah Nabi

Manusia memang secara lahiriah selalu ingin dimengerti. Nah, seharusnya jika kita ingin dimengerti orang lain, maka kita juga harus belajar mengerti. Marah adalah hal yang wajar karena kita bukanlah nabi. Namun jangan sampai marah menjadi ciri khas karakter kita. Mari belajar mengerti tiap orang memiliki masalahnya sendiri, sehingga kadang bertingkah menyakiti tanpa disadari bisa saja terjadi sebab dia punya masalah berat yang tak dibagi. Misalnya, seorang rekan kerja yang omongannya pedas, mungkin karena di rumah sedang menghadapi masalah keluarga berat hingga membuatnya stres berat dan tidak bsa mengontrol emosi saat berbicara. Cobalah analisis sebentar sebelum meladeni komentar pedasnya.

·         Sabar Adalah Ketegasan

Sabar bukanlah menahan diri untuk terus-menerus diinjak dan juga dikhianati. Jika usaha anda untuk tidak membalas perilaku buruk orang lain dan juga kejujuran anda agar orang tersebut berubah tidak ditanggapi, maka lebih baik kitalah yang tegas mengatakan untuk tidak mau lagi disakiti. Tegas untuk kebahagiaan diri sendiri juga bentuk kesabaran. Daripada membuat hati dan pikiran keruh, maka bersabar untuk terus maju tanpa perlu dibayangi hal-hal buruk juga lebih baik. Pikiran positif bisa lebih mudah dibangun jika kita berada di lingkungan dan di tengah orang-orang yang sama positifnya.


Saya pernah berselisih pendapat dengan orang tua, contohnya ketika memilih jurusan kuliah. Namun dengan tekat dan juga kesabaran saat belajar di bangku kuliah yang saya pilih, syukurlah hasilnya sangat memuaskan. Orang tua saya tidak tahu jika jurusan saya juga sangat menjanjikan selama ilmunya dipelajari sungguh-sungguh. Pelajaran kesabaran adalah pelajaran seumur hidup. Kadangkala membaca  kata-kata motivasi di TipsPengembanganDiri.com juga bisa menumbuhkan semangat untuk lebih bersabar. Mari terus belajar.

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^