Friday, 9 June 2017

Tips Ngabuburit Irit Kaya Manfaat


Bulan puasa itu selalu identik dengan aktivitas ngabuburit. Mencari aktivitas atau kesibukan menjelang berbuka puasa adalah aktivitas kesukaan tak hanya bagi anak muda tetapi juga para orang dewasa. Ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda yang maknanya meakeun waktu bari nungguan burit atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya sore hari (berbuka puasa)’.  Menyibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan yang membuat kita lupa  haus dan lapar serta tak kehilangan esensi berbibadah adalah hal yang menyenangkan.

Sayangnya, ngabuburit zaman sekarang kadang diartikan sebagai jalan-jalan bareng yang meghabiskan biaya. Misalnya nonton film bersama teman-teman kuliah, window shopping di mall, atau acara jalan-jalan lainnya. Untuk pekerja sibuk pasti tidak perlu bingung merencanakan ngabuburit karena jam pulang kerja sudah mendekati jam berbuka. Namun tips ngabuburit hemat ini bisa anda aplikasikan saat sedang libur kerja di akhir pekan. Nah kalau buat anda yang mau melakukan ngabuburit tapi malah irit, inilah tipsnya:

  • ·         Mempersiapkan menu berbuka puasa di rumah
Buat para ibu-ibu atau perempuan yang masih lajang, bisa belajar memasak bersama  orang tua dan keluarga untuk mempersiapkan menu berbuka puasa. Berbuka puasa bersama keluarga itu rasanya sangat nikmat. Lebih-lebih kalau bagi anak gadis yang belum menikah bisa hitung-hitung mempersiapkan diri saat menikah nanti.


  • ·         Olahraga ringan
Ngabuburit dengan berolahraga itu tidak akan melelahkan asal tahu triknya. Jangan berolahraga berat seperti kickboxing atau berlari. Anda bisa meakukan yoga, jalan-jalan santai di sekitar kompleks tempat tinggal atau senam ringan. Lakukan satu atau dua jam sebelum jam berbuka. Saat masuk jam berbuka, segera minum air putih yang banyak dan juga minuman manis hangat. Sebaiknya hindari minum minuman dingin setelah berolahraga.
tips ngabuburit hemat


  • ·         Menekuni hobi
Hobby makes money. Di zaman digital ini, kita bisa mendapatkan pundi-pundi rezeki tambahan dari menekuni hobi lho. Misalnya buat anda yang hobi menulis, bisa juga mulai belajar menulis artikel dengan lebih baik lalu mengirimkan tulisan ke media atau menjadi penulis konten website. Yang hobi membaca bisa menjadi penjual atau dropshipper buku. Hobi belanja baju juga bisa dijadikan bisnis yaitu dengan membuka online shop sehingga daripada terus membeli baju, bagaimana kalau juga mulai berlajar berjualan.

  • ·         Seru-seruan dalam komunitas
Di kota besar sudah banyak bertebaran komunitas sesuai dengan hobi dan passion anggotanya. Pilih satu komunitas yang bisa mengembangkan kemampuan anda contohnya komunitas fotografi dan juga komunitas hand lettering. Buat jadwal kopdar di akhir pekan lalu susun kegiatan untuk membuat karya bersama, syukur-syukur nanti hasil karya komunitas bisa dijadikan bisnis. 


Itulah beberapa tips ngabuburit hemat yang bisa anda pilih. Kalau untuk anak rantau macam teman kuliah saya dulu, punya tips asyik juga supaya ngabuburitnya bermanfaat yaitu menjadi pemburu takjil dari satu masjid ke masjid lain 😀. Di Surabaya malah tidak hanya takjil saja yang dibagi, nasi kotak atau nasi bungkus juga sering dibagikan gratis di masjid-masjid. Tapi, eits jangan jadi pemburu takjil saja, coba anda yang membuat menu takjil lalu berbagi pada orang lain. Yuk coba berhemat dengan ngabuburit irit, senangnya lagi kalau malah bisa menghasilkan duit.

4 comments:

  1. Intinya dalam ngabuburit irit ...manfaat tetap dapat dananya tetap hemat :)

    ReplyDelete
  2. yap bener banget, biar nggak boros :D

    ReplyDelete
  3. dulu aku juga pemburu takjil...maklum, anak kos perantauan...hihihi

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^