5 Cara Mengembangkan Networking untuk Blogger


Tips mengembangkan networking blogger


Blogger adalah profesi kekinian yang sedang naik daun. Berbekal kemampuan menulis, memilih template blog yang menarik dan menuangkan ide-ide menarik yang sesuai minat, kita bisa menghasilkan uang dari blog. Bahkan sudah banyak blogger yang menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan utama. Dan untuk  mencapainya, seorang blogger harus rajin posting konten berkualitas dan mengembangkan blognya menjadi lebih populer.


Untuk bisa mempopulerkan blog dan mendapat job, blogger juga harus memperkuat networkingnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan networking seorang blogger.

1. Bergabung di Komunitas Blogger
Artikel yang sudah diposting bisa dibagikan di komunitas blogger. Saat ini banyak komunitas online yang tak hanya bisa saling berkunjung ke banyak blog tapi juga untuk berbagi job. Share artikel blog dan lakukan blogwalking ke teman-teman blogger lainnya.

2.  Saling Follow Medsos Blogger
Job yang sering dibagikan di komunitas blogger biasanya mensyaratkan jumlah minimal follower tertentu. Dari medsos misal IG, blogger juga bisa mengunggah image artikel untuk menggiring pembaca ke link blog. Nah, rajinlah saling memfollow teman sesama blogger di dalam komunitas, misal di Warung Blogger ada ribuan, agar networking kita bertambah.


3. Membuat Portofolio
Brand biasanya butuh portofolio blogger sebelum memberikan job. Contohnya, C2Live.com yang bisa menjadi website portofolio kita. Artikel terpilih akan di-repost menjadi featured post di halaman C2Live, dan tentunya bisa menggiring pembaca ke blog kita. Branding pun semakin terangkat serta kesempatan memperluas networking juga ikut meningkat. 

Tips mengembangkan networking blogger

4. Membuat Kartu Nama
Mengikuti event sebagai blogger pasti akan mempertemukan kita dengan banyak blogger lainnya. Maka membagikan kartu nama yang menjelaskan skill kita (blogging, content writing misalnya) itu penting saat berkenalan dengan blogger lain. Menjalin hubungan baru dan memberi kesan baik juga menjadi kunci agar blog dilirik. 


5. Miliki Akun LinkedIn
Akun LinkedIn memang ditujukan untuk keperluan profesional. Seringlah share tulisan blog di media itu. Tak jarang, brand akan mengontak jika tertarik dengan profil dan artikel kita.



Kunci dari kesuksesan networking bukan hanya dari kuantitas, melainkan juga dari kualitas yang kita miliki. Rajin ngeblog adalah kunci utamanya, kualitas tulisan serta attitude yang baik juga menjadi pondasinya. Sudah siap membangun networking sebagai blogger? 

You Might Also Like

12 comments

  1. Belum punya kartu nama :D masih merasa belum mengoptimalkan blog speneuh hati, sepenuh jiwa :D

    ReplyDelete
  2. Baru 3 bulanan ini aku sering share link postingan blog di LinkedIn Mbak, belum tahu seberapa pengaruhnya sih akun tersebut.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih share info Portofolio nya,kak.
    Aku baru tau sekarang tentang C2live ini.

    ReplyDelete
  4. mantab ulasan singkat padat dan mantab, terimakasih sudah berbagi, segera terapkan ah :)

    ReplyDelete
  5. Bagus tipsnya. Saya bertahun-tahun ngeblog, tapi rada kurang dalam memperluas networking. Jadi terasa ngeblog sendirian.

    ReplyDelete
  6. Mulai memanfaatkan linkeidn buat share postingan blog. Bergabung dengan komunitas blog, itu kuncinya sih

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^