Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Konten Blog Berkualitas

tips menulis blog kata reffi



Ngeblog adalah salah satu aktivitas menulis yang mengasyikkan. Kita bisa menuliskan hal-hal yang disukai sekaligus berinteraksi langsung dengan banyak orang. Yang lebih  menyenangkan lagi, jika blog kita berkualitas dan memiliki traffic yang bagus, bukan hal mustahil jika bisa di-monetize, atau menghasilkan uang.

Banyak cara agar blog kita bisa di-monetize antara lain dengan menggunakan teknik optimasi SEO, mereview produk, jasa blogpost artikel klien, atau memasang adsense. Namun dari berbagai teknik tersebut, seharusnya seorang blogger juga memperhatikan kualitas konten. Meski tidak terlalu paham SEO dan Adsense, blog juga bisa menarik brand untuk meminta blogger menuliskan tentang produknya. Atau bisa jadi kita diundang dan dibayar dalam sebuah event agar diulas di blog.

Inilah beberapa poin yang dibutuhkan  agar konten blog kita bergizi serta menarik pengunjung agar betah berlama-lama membaca artikel-artikelnya.

 1. Pilih Tema yang Kita Kuasai
 Tulislah hal-hal yang kita kuasai atau dekat dengan kehidupan sehari-hari. Anda bisa menulis serba-serbi merawat anak, menulis tentang buku, membuat cerita perjalanan atau motivasi. Jangan memaksakan diri untuk menulis sebuah topik yang sangat tidak dikuasai. Jikalau ingin menulis tema yang tidak terlalu dipahami, lakukan riset sederhana
 agar tidak terkesan mengada-ada.

2. Tambah Referensi Bacaan yang Berkaitan 
Seringlah membaca, itu kunci agar konten blog menjadi lebih berisi. Kalau Anda suka menuliskan hal-hal berbau parenting, bacalah juga blog yang isinya sejenis. Sesekali buatlah artikel tips supaya bisa menambah atensi pembaca. (Baca Juga: Tips Mengembangkan Ide Cerita dari 5W+1H)

3. Perhatikan Typo dan Struktur Kalimat 
Anda bisa menggunakan gaya bahasa santai dan tidak formal di dalam blog pribadi. Tetapi tolong jangan sembarangan menggunakan tanda baca hingga penggunaannya tidak tepat dan jangan banjir typo. Struktur kalimat yang tidak runtut akan membuat pembaca merasa lelah. Gaya bahasa story telling juga menjadi favorit kebanyakan blogger, namun blogger profesional sangat rapi dalam memilih tanda baca dan menghindari typo.

 4 Sudut Pandang Unik 
 Anda bisa menulis artikel dengan tema yang ditulis banyak orang, tetapi sentuhlah dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya, jika orang lain banyak yang mengulas pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dari gaya fashion, list acara sampai tamu undangannya, Anda bisa mengambil dari sudut pandang orang lokal. Bisa saja Anda menuliskan bagaimana pernikahan mereka dari sisi pariwisatanya dan manfaatnya  buat Inggris. Hal apa saja yang terjadi sebelum hari pernikahan tiba di sekitar kerajaan. Sumber informasi sudah banyak tersedia, tinggal Anda harus bersabar dan mau menggali info yang dibutuhkan.

 5. Hindari SARA 
 Boleh saja Anda menulis opini tentang kondisi politik terkini, tetapi jangan sampai Anda menjelek-jelekkan nama tertentu apalagi sampai menyinggung SARA. Ingat, sudah banyak pengguna medsos yang tersandung masalah hukum karena status bernada kebencian. Buatlah konten yang cerdas dan tetap dalam etika yang baik.   (Baca Juga; Tips Mendapat Ide Menulis di Tengah Kesibukan)


Sudah tergambar apa saja yang ingin dituang di dalam blog? Tuangkan ide dan pengalaman Anda di dalam blog agar bisa dibaca banyak orang.

You Might Also Like

9 comments

  1. Penting banget memang hal-hal di atas. :D

    ReplyDelete
  2. Paling sering kena di typo. Makasih udh kembali mengingatkan mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  3. Pin ketiga saya sering banget mengalami karena sangking mengalirnya cerita jadi ada kata-kata berulang di dalam satu kalimat yang kalau dibaca nggak enak banget, haha. Makasih tipsnya mba.

    ReplyDelete
  4. All: makasii semoga bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tipsnya mba. Typo paling sering terjadi ni sebelum posting. Harus banyak edit ulang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sering typo,,buat reminder :D

      Delete
  6. Makasih tipsnya mbak :) pas banget soalnya lagi belajar lagi nih tentang ngeblog, hehehe

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^