5 Cara Mengalahkan Kemalasan Ngeblog


(Unsplash: @arnelhasanovic)

Sibuk adalah alasan yang sering dikumandangkan seorang bloger atau penulis untuk vakum tidak menghasilkan karya. Termasuk saya juga. Kesibukan bekerja di kantor dari pagi sampai sore, lalu disambung dengan tambahan deadline lomba atau tugas dari menulis, mengedit naskah, menjadi mentor menulis membuat saya beralaasan untuk tidak menulis.

Malah akhir-akhir ini saya malah sering kelewatan beberapa lomba ngeblog atau giveaway yang sudah saya incar hanya gara-gara meremehkan deadline, hingga akhirnya tidak terjamah sama sekali. Kalau sudah begitu saya hanya bisa baper sambil gigit jari menyaksikan ekspresi bahagia kawan sesama bloger yang sukses memenangkan giveaway atau kontes blog yang saya idamkan.

Namun yang namanya sudah cinta, maka komitmen itu harus ditumbuhkan mau tidak mau. Ibaratnya begini, banyak orang bisa mengatakan cinta setengah mati pada pasangannya namun tidak banyak yang bisa membuktikan dengan komitmen sepenuh hati bukti cintanya, bukan? Sama dengan ngeblog. (Baca Juga: Lakukan Ini Ketika Writer's Block Melanda)

Banyak yang bilang kalau blog sudah menjadi passionnya, namun jika sudah eksis dan populer blognya, kadang-kadang diri ini bisa terlena. Komitmen awal bisa luntur oleh kesibukan atau godaan lainnya di luar blog.

Lantas bagaimana saya bisa mengatasi semua ancaman ‘kesetiaan’ pada komitmen ngeblog? Ini beberapa tips ala saya.


Menulis sesuka hati

Saya terbiasa menulis artikel serius seperti opini, renungan pribadi atau motivasi. Ketika kemalasan melanda, maka saya akan menulis sesuka hati. Biasanya saya lebih suka menulis fiksi untuk mengatasi kebosanan. Tulisan singkat macam puisi atau flash fiction adalah hal yang saya sukai saat sedang buntu ide untuk menulis artikel. Malah dari tulisan-tulisan iseng tersebut, saya malah mendapatkan apresiasi dari pembaca baru. (Baca Juga: 5Tips Menulis Bagi Pekerja Sibuk)

Ikut salah satu lomba atau event blog yang santai

Jika sedang benar-benar tidak punya topik atau sungguh-sungguh malas mengutak-atik kalimat, saya akan browsing lomba atau giveaway yang temanya tidak terlalu berat. Contohnya, giveaway blog untuk menuliskan pengalaman berkesan saat piknik. Jangan nekat mengikuti lomba blog dengan tema berat atau menguras pikiran jika sedang jenuh ngeblog. Dan juga jangan terlalu serakah dengan terlalu banyak berniat mengikuti bermacam-macam lomba.

(Unsplash: @andrewtneel)

Menulis prompt

Tiap kali ada hal unik atau menarik, saya akan mencatat satu atau dua kalimat tentang daya tariknya. Lalu saya ambil potretnya dengan gawai untuk memperkuat dokumentasi. Misalnya, saat sedang antre di terminal saya bisa saja menulis,”Seorang bapak tua sedang memandangi perempuan muda dengan wajah terharu, mungkin dia sedang teringat anaknya di perantauan.” Dari situ saya berandai-andai bagaimana jika saya berada di pihak orang tua yang sedang merindu, maka sebuah artikel renungan bisa terwujud.


Melakukan hobi selain menulis dan ngeblog

Jalan-jalan, nonton film, piknik atau sekadar bercengkerama bersama sahabat terdekat cukup mampu mengusir kepenatan saat sedang malas ngeblog. Saya bisa menulis kejadian lucu ketika bertemu sahabat, membuat review film dan lain-lain. (Baca Juga: Review Joker Movie)


(Unsplash: @jp_photography)

Berolahraga

Menulis berjam-jam dan beraktivitas lebih banyak duduk di kantor membuat pinggang saya sering capek. Kadang ketika otak buntu, dipaksa seperti apapun tidak ada ide yang akan muncul. Saya berolahraga sepuluh sampai lima belas menit dengan musik asyik sampai banyak berkeringat. Selain membuat tubuh sehat, biasanya stres akan lebih cepat cair setelah membakar kalori beberapa menit.



Sudah punya gambaran tentang bagaimana cara menghalau rasa malas ketika ngeblog? Cobalah beberapa tips sederhana ala saya tersebut. Dan selalu ingat dengan komitmen sejak awal, kalau sudah bilang cinta, ya jangan sampai disia-siakan. Ah, jadi baper deh, hehehe. Enjoy blogging (^-^)

4 Comments

  1. leh ugha artikelnya mba :D
    Bener nih, ketika jenuh ngeblog balik lagi buat inget komitmen kita..
    nice! :)

    ReplyDelete
  2. bener mbak, harus konsisten ya :D

    ReplyDelete
  3. mas Zainur: itu juga bisa jadi tips :D

    ReplyDelete
  4. haii mbaa, follow backnya boleh nggak? di onix-octarina.blogspot.com

    suwun :)

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^