Bersahabat dengan Uang



Uang adalah salah satu kebutuhan mendasar manusia. Hampir semua aspek kehidupan kita, perlu ditunjang dengan uang yang cukup. Bukan berarti kita menjadi budak uang, uang dapat menjadi sahabat jika kita mampu menggunakannya dalam proporsi yang sesuai. Uang memiliki dua sisi berlawanan. Uang dapat menjadi penyebab manusia kehilangan hati nuraninya, namun dengan uang, manusia juga dapat menunjukkan rasa belas kasihnya. (Baca Juga : 6 Cara Bikin Uang Datang Sendiri)

Sejak kecil, saya dididik oleh orang tua untuk menghemat uang jajan. Ayah dan Ibu mengajarkan saya untuk menggunakan uang dengan takaran yang pas tapi juga tidak melarang untuk menggunakannya untuk hiburan sesekali. Bersahabat dengan uang harus dipupuk sejak dini.
Seperti Ibu yang selalu memberi contoh untuk menyisihkan sisa uang di sebuah celengan, saya pun belajar menabung sedikit demi sedikit jika menginginkan sebuah barang.


Memaknai Uang

Berbagi adalah salah satu tujuan penting jika kita ingin memiliki banyak uang. Bahkan di saat kita belum memiliki banyak uang pun, kita masih tetap bisa berbagi dengan sedikit uang atau sesuai kemampuan kita. Contohnya saja jika kita memasukkan uang receh pada kotak infak atau sumbangan bencana alam. Tanamkan sejak dini, untuk mendapatkan uang, dibutuhkan usaha keras, doa dan tentunya cara-cara halal dalam menjalaninya.
(Baca Juga: 3 Cara Mengatur Uang THR)

Memperoleh uang dengan jalan yang tidak baik, akan mempercepat proses kehilangan uang, ditambah efek tidak menyenangkan di belakangnya. Lihat saja para koruptor kaya raya negeri ini yang akhirnya harus tinggal di dalam bui setelah kecurangan mereka terbukti.


Mindset Terhadap Uang

Jangan membenci uang. Bagaimana efek uang terhadap kehidupan, semuanya tergantung cara pandang kita. Memang uang bukan segalanya, tetapi dengan uang yang berkecukupan, hati kita akan merasa lebih tenang. Pendidikan akan terpenuhi, kebutuhan sandang pangan dan papan akan tercukupi. Kekurangan uang dapat menimbulkan tindak kriminalitas. Jadi, cukup tanamkan mindset, kalau uang takkan berbahaya jika kita cerdas dalam menggunakannya.


focus photography of person counting dollar banknotes



Mendapatkan uang dengan cara yang baik dan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan, berkarya sekaligus beramal, akan menumbuhkan kekayaan dalam hati. Hati tidak akan pernah merasa cukup, jika kita tidak pernah bersyukur. Pelajarilah metode mengembangkan harta yang kita miliki dengan cermat seperti mengikuti investasi, asuransi dan lain-lain. Sudah bukan zamannya lagi kita menghindari uang. (Baca Juga: Sedekah Tanpa Dana)


Tidak bisa dipungkiri, uang adalah sarana vital dalam kehidupan. Bersahabat dengan uang membuat kita sadar akan manfaatnya sekaligus mencegah keburukan yang dapat ditimbulkan.

3 Comments

  1. Uang ini memang sangat diperlukan nih Mbak hihi. Untuk menunjang kehidupan yang ada hihi

    ReplyDelete
  2. Saya sih nggak benci uang. Bahkan, suka banget. Hahaha... Tapi iya, yang penting kita bisa menempatkan uang pada tempatnya. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^