Advertisement

Main Ad

Ruangguru, Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Anak

aplikasi belajar online


Semenjak pandemi melanda Indonesia tahun lalu, otomatis banyak sekali perubahan terjadi termasuk proses belajar di sekolah. Pembelajaran tatap muka menjadi daring hingga membutuhkan aplikasi belajar online.

Salah satu aplikasi belajar online terbaik adalah Ruangguru. Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh anak untuk meningkatkan nilai pendidikan baik dari segi nilai dan karakter.


1# Menjadi pendamping belajar daring terbaik

Tidak bisa dipungkiri jika proses PJJ (Pembelajaran jarak Jauh), cukup menyita perhatian orang tua. Jika masih di pelajaran tingkat dasar, mungkin orang tua masih bisa membantu. Namun, kalau anak sudah masuk pendidikan menengah seperti SMP dan SMA, pasti butuh banyak usaha.


Ruang Belajar by Ruangguru memberikan materi dengan penjelasan yang mudah dipahami. Pendampingan belajar orang tua, dapat dilakukan dengan maksimal jika ditambah penggunaan materi dari Ruangguru. Kisi-kisi soal sangat lengkap sehingga sangat bagus untuk anak yang akan menghadapi ujian nasional.


2# Detail materi sangat lengkap

 Orang tua tidak perlu pusing mencarikan guru privat berbeda bidang jika anak ingin menekuni sebuah mata pelajaran. Misalnya, jika anak ingin belajar Bahasa Inggris, maka pilih materi sesuai tingkatan kelas saat ini dan masuk ke bagian Bahasa Inggris.

Di dalam materi Bahasa Inggris itu akan ada pilihan dari tata bahasa, ekspresi, kosakata, dan juga kelengkapan lainnya yang bisa membuat keterampilan anak terasah.



Ruangguru bisa disebut sebagai layanan online belajar terbaik karena fitur yang sangat lengkap, tidak hanya dari pilihan bidang studi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Jadwal Belajar, Asah Otak, Bank Soal, Ruanggguru Adventure, dan Laporan Belajar.

Aplikasi pun terus mendapat pengembangan sehingga di bulan Juli ini terdapat beberapa fitur baru seperti Adapto dan Konsep Kilat. (Baca juga: Belajar di English Academy by Ruangguru)


3# Animasi menarik

Dengan perubahan sistem bekerja di kantor menjadi sistem WFH (Word From Home), maka orang tua pun harus fokus bekerja ketika di rumah. Akhirnya waktu pendampingan belajar jadi kurang maksimal.

Untuk mengatasi kejenuhan, anak bisa belajar lewat video dan animasi menarik. Pelajaran momok seperti Matematika dan Fisika pun menjadi lebih menyenangkan. Dengan fitur Adapto, pembelajar dapat meraih manfaat maksimal dari nilai kuis. Nantinya berdasarkan kemampuan pembelajar, maka akan ada video pembelajaran interaktif dengan jawaban yang disesuaikan dengan kemampuan belajar.



Orang tua pun bisa lebih tenang karena proses belajar online anak bisa disesuaikan dengan kemampuannya, tidak dipaksakan dengan metode yang sulit.


4# Jadwal belajar fleksibel

Di sekolah, anak akan mendapatkan jadwal pelajaran sesuai kebutuhan. Terutama jika ada kursus tambahan  demi mengasah kemampuan sebelum ujian akhir sekolah dan ujian nasional.

Biasanya anak akan mendapatkan jam bimbel di luar sekolah. Maka dengan aplikasi Ruangguru, anak bisa memperoleh kualitas belajar dengan jadwal fleksibel. Aplikasi bisa mengaturkan jadwal otomatis atau anak bisa menyusun jadwal dibantu orang tua.

Fitur Rencana Belajar (Playlist Belajar) ini membantu anak untuk lebih disiplin lagi dalam mempelajari materi. Tiap minggu akan muncul konten yang harus dipahami dalam bentuk rekomendasi playlist. Setelah menekuni sebuah materi, pembelajar dapat menyimpan misi belajarnya sehingga bisa langsung dilanjutkan di lain waktu.



5# Hiburan interaktif

Selain dikenal sebagai tempat belajar online termurah, Ruangguru juga akan merilis hiburan interaktif di dalam aplikasi. Pasti akan ada kalanya anak merasa lelah ketika sedang belajar. Orang tua pun tidak perlu repot membujuk anak untuk belajar lagi karena akan ada fitur Pet Mission.


Fitur ini beruma game online yang mirip dengan game hewan virtual terkenal lain. Akan ada misi-misi yang harus diselesaikan sehingga hewan virtual di Pet Mission dapat berevolusi.


6# Tes minat bakat

Orang tua yang anaknya hendak memilih kampus, juga bisa menggunakan fitur tes minat bakat yang ada di Ruangguru. Tes tersebut berdasarkan standar RIASEC. Nantinya anak pun dapat dicek perkiraan karier yang cocok dan jurusan kuliah apa yang sesuai bakat alaminya.

 

Dengan adanya Ruangguru, orang tua memiliki partner berkualitas untuk mendukung proses belajar di rumah dan pencarian kampus yang sesuai untuk anak. Adanya game menarik juga bisa menjadi hiburan agar anak tidak lelah belajar. Aplikasi belajar online kini tak lagi membosankan.

 

 

 

 

-

 

Posting Komentar

0 Komentar