Denny Santoso, Tokoh Sukses Digital Marketing Indonesia

digital marketing indonesia




Denny Santoso tidak pernah menyangka jika ia akan sukses dari internet. Kini Denny Santoso memang dikenal sebagai tokoh sukses digital marketing Indonesia, tetapi prosesnya cukup panjang. 


Digital marketing menjadi topik yang digaungkan di banyak platform. Perkembangan digital marketing Indonesia yang tumbuh semakin pesat, mendorong banyaknya kursus daring dengan topik tersebut. Denny Santoso melihat peluang menarik dari digital marketing sehingga ia menciptakan Tribelio. 


Apa itu digital marketing?

Sebelum membahas apa itu Tribelio, mungkin kamu perlu memahami makna digital marketing. 

Digital marketing adalah bentuk promosi sebuah brand untuk menghubungkan dengan target pelanggan atau konsumen menggunakan internet atau bentuk platform komunikasi digital lainnya. Proses tersebut juga disebut sebagai online marketing. 


Media yang termasuk sebagai alat digital marketing antara lain email, media sosial, website, hingga aplikasi pengirim pesan multimedia sebagai marketing channel. Tribelio hadir sebagai salah satu alat digital marketing Indonesia yang bisa menjawab kebutuhan kita di satu media. 


Tribelio, satu platform untuk beragam keperluan online marketing


Tribelio adalah sebuah platform yang dibangun oleh Denny Santoso dengan goal ingin membuat sebuah platform untuk orang-orang yang ingin membangun bisnis. Manfaatnya cukup bervariasi sehingga sangat layak untuk dicoba.


Mampu mengumpulkan database

Dengan Tribelio kita bisa membangun komunitas sekaligus mengakses database dari anggota. Dari data tersebut, sebuah brand atau pemilik bisnis juga bisa mengetahui lebih mudah siapa yang paling aktif dalam mengajak anggota baru, menyapa lewat email broadcast, mengumpulkan fans loyal, sampai menjual produk.


Menjadi media edukasi

Selain untuk memperkenalkan produk atau media brand awareness, Tribelio dapat digunakan sebagai media edukasi. Para anggota di komunitas yang kita buat d Tribelio disebut sebagai Tribe. Platform keren ini desain awalnya dari contoh email marketing platform.


digital marketing indonesia
Foto: screenshot pribadi


Beda Tribelio dengan email marketing platform yang lebih dulu muncul, anggota Tribe bisa berkomunikasi satu sama lain untuk saling bebagi informasi sehingga hubungan antara brand dengan komunitas pun semakin menguat. Sungguh sebuah paket komplit.



Fitur landing page untuk branding


Tribelio juga memiliki fitur canggih lain yang disebut Tribelio Page. Tribelio Page adalah situs yang bisa digunakan untuk membuat landing page dan diarahkan kepada akun Tribe brand. Jika ingin membangun landing page untuk personal branding pun sangat mudah.


Saya sendiri juga sudah membuat landing page untuk promosi portofolio sebagai penulis serta menunjukkan karya tulis yang sudah saya terbitkan. Pengguna bisa mengatur foto, gambar, desain background, dan tulisan tanpa perlu kemampuan koding. Penggunaannya mirip dengan pengaturan platform email marketing luar negeri. 


Perhatikan contoh Tribelio Page yang sudah saya buat ini. Untuk menarik fans atau anggota Tribe, tentu target audiens harus kenal dulu siapa kamu dan apa saja prestasimu. Fitur landing page Tribelio ini gratis serta loadingnya cepat setelah selesai dibuat.


digital marketing indonesia
Sumber: https://tribelio.page/reffi-writing

 

digital marketing indonesia
Sumber: https://tribelio.page/reffi-writing



Persiapan jika ingin memaksimalkan penggunaan Tribelio

Melalui bukunya yang berjudul List Building Black Book, Denny Santoso memberikan petunjuk mendetail yang harus kita siapkan sebelum memakai Tribelio untuk membuat Tribe atau Tribelio Page.




digital marketing indonesia
Sumber: Foto koleksi pribadi


Riset niche

Kalau kamu ingin promosi bisnis yang sudah terbentuk dan ingin mulai belajar digital marketing, temukan niche untuk rencana kontenmu. Niche ini sebaiknya harus spesifik sehingga bisa memudahkanmu untuk menyusun rencana konten.


Sebaliknya, jika kamu belum punya ide dan ingin membangun komunitas dulu di Tribelio, lakukan riset niche di berbagai medsos sampai tool Google Trend.


Tentukan target audiens

Konten yang kamu persiapkan untuk dibagikan di akun Tribe harus disusun strateginya. Tentukan target audiens dan riset mulai dari jenis kelamin, pekerjaan, jenjang usia, dan faktor lainnya. Bayangkan kamu sedang berbicara untuk satu orang saja. 


Riset produk

Niche dan target audiens sudah dibuat, kamu pun mulai rajin membagikan konten bermanfaat sambil berinteraksi dengan anggota Tribe. Tanyakan kepada audiens atau anggota tentang apa yang mereka butuhkan serta kesulitan yang sedang mereka hadapi. Produkmu nanti yang akan menjadi jawaban untuk membantu menyelesaikan masalah mereka. Riset juga produk kompetitor untuk perbandingan.



Denny Santoso melihat peluang digital marketing Indonesia yang akan berkembang terus pada masa yang akan datang. Jika kamu ingin belajar digital marketing dengan platform yang praktis, buat akun Tribelio sekarang juga ya!


1 komentar

Fransisca Williana Nana mengatakan...

Aku baru tau Tribelio itu.. Pas banget pekerjaan ku di bidang Digital Marketing dan aku juga lagi fokus-fokusnya merancah bidang digital marketing. Mungkin Tribelio bisa iseng-iseng ku coba, siapa tahuu bener-bener sesuai dan bisa jadi masukan materi edukasi yang lebih bermanfaat buat ku hehe