Pentingnya Jasa Payroll Outsourcing dalam Meningkatkan Efisiensi Perusahaan




Pengelolaan gaji dan upah karyawan merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Seorang staf atau manajer HR pun sering berjibaku menjelang penggajian untuk menjalankan tugas yang rumit dan memakan waktu. Menggunakan jasa payroll outsourcing, bisa membantu efisiensi prosesnya.


Alasan Pentingnya Jasa Payroll Outsourcing

Bukankah ini akan menjadi tugas seorang staf atau manajer HR, jadi buat apa pakai penyedia jasa? Pekerjaan di bidang HR ini tidak hanya soal payroll. Ada banyak tugas yang harus dijalankan mulai dari hubungan industrial, menjalankan budaya perusahaan, dan urusan eksternal lain. 


Jadi, menggunakan jasa payroll outsourcing pasti akan cukup membantu efisiensi. Apakah kamu juga berkecimpung di bidang HR? Coba simak alasan-alasannya sebagai berikut:


Fokus pada Inti Bisnis

Keunggulan utama dalam penggunaan layanan payroll outsourcing adalah kemampuan perusahaan untuk dengan tuntas mengalihkan perhatian mereka ke aspek inti bisnis. 


pentingnya jasa payroll outsourcing

Dengan memberikan tanggung jawab mengelola gaji kepada pihak  yang memiliki keahlian di bidang ini, perusahaan dan juga tim HR dapat memanfaatkan waktu dan sumber daya mereka dengan lebih leluasa untuk mengembangkan produk, layanan, dan strategi bisnis. 


Akurasi dan Patuh Hukum


Payroll adalah salah satu area di mana kesalahan dapat berakibat serius, terutama dalam hal perhitungan pajak dan kepatuhan hukum. Bayangkan saja jika kamu sebagai staf HR harus mengurusi penggajian untuk 1000 orang karyawan, bisa saja ada human error dalam prosesnya.


Jasa payroll outsourcing memiliki software payroll dan tim yang terlatih dan ahli dalam memastikan perhitungan gaji, pemotongan pajak, dan kewajiban lainnya dilakukan dengan akurat. Hal ini mengurangi risiko kesalahan yang dapat mengakibatkan sanksi hukum atau sengketa dengan karyawan.



Penghematan Biaya

Jika dilihat secara sepintas, mungkin kamu merasa jika membayar jasa payroll outsourcing malah akan menambah beban perusahaan. Sebenarnya, investasi ini malah akan membantumu untuk terhindar dari biaya tambahan jika kamu melakukan kesalahan penghitungan. 


Biaya yang terkait dengan perekrutan, pelatihan, dan pemeliharaan staf internal untuk mengelola payroll bisa sangat tinggi. Dengan outsourcing, perusahaan hanya membayar untuk layanan yang mereka butuhkan, dan ini seringkali lebih efisien dari segi biaya.


Aman dan Proses Lebih Sederhana


Data gaji dan informasi keuangan lainnya sangat sensitif. Layanan payroll outsourcing memiliki infrastruktur keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif ini. Mereka mengikuti standar keamanan tertinggi dan memiliki prosedur pemulihan bencana yang solid, yang dapat membantu melindungi perusahaan dari potensi kehilangan data.


Apakah perusahaan tempatmu bekerja memiliki banyak cabang di berbagai kota hingga dunia? Proses pengelolaan payroll dapat sangat rumit, terutama jika perusahaan memiliki cabang atau karyawan yang bekerja di berbagai negara. Jasa payroll outsourcing memiliki pengalaman dalam menangani situasi ini dan dapat menyederhanakan proses menjadi lebih efisien. 


Perusahaan Seperti Apa yang Membutuhkan Jasa Payroll Outsourcing?

Setiap tahun, tim dari HR pasti akan diminta untuk membuat laporan biaya dan jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan di tiap bagian. Nah, ketika sedang melakukan presentasi, kamu bisa memasukkan pentingnya menggunakan jasa payroll. Gunakan poin berikut saat kamu sedang menyusun argumen.


Jumlah Karyawan Banyak

Kalau tempatmu masih dalam skala bisnis kecil dan menengah dengan jumlah karyawan di bawah 500 orang, mungkin kamu masih bisa menanganinya sendiri. Namun, di saat bisnis semakin kompleks dan beragam, mungkin akan sulit jika hanya mengandalkan satu orang saja.


Menggunakan perangkat lunak penggajian dapat mengurangi risiko kesalahan dalam proses perhitungan gaji karena tugas ini ditangani oleh sistem yang telah terbukti akurat. Bahkan jika terjadi kesalahan, proses penelusuran sumber permasalahan akan menjadi lebih sederhana.

Bisnis Berkembang Pesat

Ketika bisnis semakin berkembang, mulai bermunculan kebutuhan yang membutuhkan biaya seperti CSR Terkadang karyawan maupun sumber daya perusahaan belum terlalu siap dengan perkembangan yang ada. 

pentingnya jasa payroll outsourcing


Adanya layanan
payroll dapat berfungsi sebagai pendorong perubahan di situasi bisnis yang sedang meningkat pesar. Peningkatan perangkat lunak menjadi lebih sederhana dan cepat jika dibandingkan dengan harus menunggu penyesuaian dari tim manusia. 

Memastikan bahwa beban kerja terdistribusi dengan seimbang dan mengadopsi layanan payroll dapat membantu mencegah potensi masalah di masa depan karena tingkat akurasi yang lebih terjamin.

Terlalu Banyak Menggunakan Dokumen Cetak

Staf atau manajer HR tugasnya tidak jauh-jauh dari bank data dan pengarsipan. Kalau saat ini perusahaanmu masih terus menggunakan dokumen cetak untuk menyimpan data karyawan, tentu ini bisa berisiko hilang atau rusak. Software payroll akan membantumu untuk menyimpan data dan membuat analisis untuk penghitungan gaji.

software payroll


Mengumpulkan catatan manual untuk merujuk pada promosi dan perkembangan karir karyawan bisa sangat rumit dan memakan banyak waktu. Selain itu, melakukan pengecekan ulang bisa menjadi pekerjaan yang memusingkan dan dapat menghasilkan data yang tidak akurat. 

Penggunaan tabulasi dari perangkat lunak payroll dapat membantu mengatasi masalah akurasi ini dan memastikan bahwa semua pihak mendapatkan perlakuan yang adil.

Sangat bermanfaat sekali, bukan, jika menggunakan jasa payroll outsourcing? Lakukan analisis beban kerja di departemen HR dan segera ubah metode payroll agar beban kerja dan efisiensi bisa terlaksana dengan baik.

(Baca Juga: Cara Memilih Apartemen Supaya Nggak Boncos)


1 komentar

Anisa AE mengatakan...

Ternyata perusahaan yang mempunyai karyawan banyak penting menggunakan jasa dari Payroll Outsourcing ini ya